Kenaikan Harga BBM Non Subsidi Berpotensi Dorong Tekanan Inflasi di Bali Oktober 2023

- 5 Oktober 2023, 09:08 WIB
Erwin Soeriadimadja, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali.
Erwin Soeriadimadja, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali. /PRMN

INDOBALINEWS - Berdasarkan rilis BPS Provinsi Bali, tekanan harga gabungan dua kota di Provinsi Bali (Denpasar dan Singaraja) pada September 2023 tercatat stabil sebagaimana tercermin dari deflasi sebesar -0,03% (mtm) atau inflasi 2,40% (yoy).

Sejak Juli 2023, inflasi gabungan dua kota di Provinsi Bali sudah terjaga dalam rentang sasaran nasional dimana pada September tercatat sebesar 2,40% (yoy), meski sedikit lebih tinggi dibandingkan nasional sebesar 2,28% (yoy).

Namun demikian, secara bulanan inflasi di Bali Iebih rendah dimana tercatat sebesar -0,03% (mtm) dibandingkan nasional sebesar 0, 19% (mtm).

Baca Juga: Liga 1: Target Sapu Bersih Tiga Laga Terakhir Putaran Pertama, Persija Jakarta Benahi Lini Pertahanan

Hal tersebut, menurut Kepala Perwakilan BI Bali ErwinSoeriadimadja, tidak terlepas dari koordinasi pusat dan daerah, khususnya Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali serta seluruh Kab/Kota se-BaIi, dalam menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga.

"Berdasarkan komoditasnya, deflasi pada September 2023 terutama didorong oleh penurunan harga bawang merah, cabai rawit, daging ayam ras, mangga, dan bawang putih," ujar erwin dalam pernyataan resminya yang dikutip Kamis 5 Oktobere 2023.

Baca Juga: Hilang Saat Berwisata di Long Pink Beach TN Komodo, Yi Liu Belum Ditemukan Tim SAR

Sementara itu penurunan harga bawang merah dan cabai rawit terjadi seiring dengan peningkatan pasokan pada periode panen. Sedangkan, bawang putih mengalami penurunan harga akibat peningkatan pasokan.

Di sisi Iain, deflasi yang lebih dalam tertahan oleh peningkatan tekanan harga beras seiring keterbatasan pasokan karena belum memasuki musim panen.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x