BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 4.00% di Oktober 2020

- 20 Oktober 2020, 19:26 WIB
Ruang Meeting Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali
Ruang Meeting Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali /shira ade/Shira Ade

 

INDOBALINEWS - Bank Indonesia kembali mempertahankan suku bunga kebijakan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada Oktober 2020, di angka 4,00%. Angka tersebut telah bertahan sejak Juli 2020.

Sepanjang 2020, BI telah empat kali menurunkan suku bunga, yaitu pada Februari, Maret, Juni dan Juli 2020. Masing-masing sebesar 25 bps. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, pada acara Pelatihan Wartawan Ekonomi di Denpasar Jumat 16 Oktober 2020 lalu. seperti yang dikutip oleh indobalinews.com.

Baca Juga: Cek Kontribusi Bank Indonesia Untuk Hidupkan Pariwisata Bali Baru

"Keputusan ini mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah, di tengah inflasi yang diperkirakan tetap rendah. Bank Indonesia menekankan pada jalur kuantitas melalui penyediaan likuiditas, termasuk dukungan Bank Indonesia kepada Pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN tahun 2020, guna mendorong pemulihan ekonomi dari dampak pandemi covid-19," ujar Trisno Nugroho seperti yang dikutip oleh indobalinews.com Selasa 20 Oktober 2020.

Baca Juga: TPID Bali, Kekuatan Hadapi Tantangan Pengendalian Inflasi

Lebih lanjut Trisno menjelaskan bahwa BI memberikan dukungan dalam mempercepat realisasi APBN. Hal itu antara lain dengan pembelian SBN di pasar perdana. Sampai dengan 8 Oktober 2020, Bank Indonesia telah membeli sebesar Rp60,28 triliun, termasuk dengan skema lelang utama, Greenshoe Option (GSO) dan Private Placement.

Baca Juga: Sosialisasi QRIS di Korem 163 Wira Satya Bali

Selain itu Bank Indonesia juga melakukan realisasi pendanaan dan pembagian beban dengan pemerintah melalui mekanisme pembelian SBN secara langsung, berjumlah Rp229,68 triliun.  Bank Indonesia juga melakukan pembagian beban untuk pendanan Non Public Goods – UMKM sebesar Rp90,88 triliun.

Baca Juga: Pemberlakuan Bali Era Baru Perbaiki Kondisi Dunia Usaha di Triwulan llI 2020

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x