Biadab! Pemuda Ini Tega Aniaya Penyandang Disabilitas

- 2 Maret 2021, 22:25 WIB
Pemuda ini memukuli dan menendang penyandang disabilitas dalam sebuah video viral.
Pemuda ini memukuli dan menendang penyandang disabilitas dalam sebuah video viral. /Tangkap layar/YouTube/Jurnal Soreang

INDOBALINEWS - Sebuah video tindak kekerasan viral di media sosial. Video viral ini menyita perhatian, karena aksi kekerasan tersebut justru dialami oleh seorang penyandang disabilitas.

Belum diketahui di mana lokasi persis kejadian memilukan itu. Namun dari bahasa yang digunakan oleh orang-orang dalam dialognya, kejadian tersebut kemungkinan besar terjadi di wilayah Jawa Barat.

Di bagian awal video tersebut, tampak ada tiga orang di sebuah warung makan. Seorang penyandang disabilitas tampak duduk di kursi, seorang pemuda bertopi hitam dan mengenakan sweater putih serta seorang pemuda lainnya tampak mengenakan kaus hitam.

Baca Juga: Artis Rina Gunawan Meninggal Dunia, Sempat Kena Covid

Pemuda bertopi hitam dan mengenakan sweater putih terlihat membicarakan sesuatu kepada sang penyandang disabilitas yang masih duduk di kursi.

Sejurus berselang, seorang pemuda lain yang mengenakan kaus hitam terlihat menyuapi sang penyandang disabilitas dengan baik.

Namun tak lama kemudian, entah karena alasan apa, tiba-tiba sang penyandang disabilitas turun dari kursi dan mencoba untuk meninggalkan warung itu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Cabut Perpres Investasi Miras

Pemuda yang mengenakan kaus hitam, tampak masih ingin menyuapi sang disabilitas. Sementara saat bersamaan, pemuda bersweater putih justru terdengar mencak-mencak.

Tak sekadar melontarkan kata-kata yang tidak pantas, pemuda bertopi itu bahkan terlihat kasar. Ia sempat membanting sang disabilitas.

Bukan itu saja, terlihat juga ia memukul sang disabilias yang tak berdaya dan tersungkur di tanah. Ia juga menantang pemuda berkaus hitam.

Baca Juga: Pekerja Bengkel Asal Lombok Bawa Sabu Diciduk Polisi di Bali

Akibatnya, orang berkaus hitam menjadi terpancing. Keduanya pun terlibat adu jotos.

Tindakan pemuda bertopi hitam dan  mengenakan sweater putih itupun menuai kecaman dari banyak pihak. Tidak terkecuali Jajaran pengurus National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Jawa Barat.

Selain akan melaporkan ke aparat kepolisian, NPCI Jawa Barat juga langsung turun tangan melacak pelaku tindak kekerasan terhadap penyandang disabilitas yang videonya viral di media sosial itu.

Baca Juga: BNN Rekomendasikan Jennifer Jill Direhabilitasi

Ketua Umum NPCI Jawa Barat Supriatna Gumilar, mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan jajaran pengurus NPCI Jabar untuk segera membuat laporan terkait kejadian di video tersebut kepada aparat kepolisian.

"Saya sebagai difabel, merasa sangat sakit hati melihat perlakuan biadab terhadap penyandang disabilitas di video tersebut. Saya harap kejadian itu bisa diusut dan pelakunya bisa diproses secara hukum," kata Supriatna, Selasa 2 Maret 2021, seperti dikutip Indobalinews dari Jurnal Soreang dengan judul berita 'VIRAL! Video Pemuda Memukuli Penyandang Disabilitas, NPCI Jawa Barat Turut Mengutuk dan Telusuri Pelaku'.

Tak hanya itu, ia juga menginstruksikan seluruh jajaran pengurus NPCI kota/kabupaten se-Jawa Barat untuk mencari identitas sang penyandang disabilias dan orang yang menyiksanya di video viral tersebut.

"Mudah-mudahan dari para pengurus di kota/ kabupaten, ada yang bisa mengenali korban sehingga akan mempercepat proses identifikasi dan pelaku segera diketahui," ucapnya.*** (Jurnal Soreang/Handri)

Editor: M Susanto Edison

Sumber: Jurnal Soreang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x