Satupena Diskusikan Perilaku Korupsi Elite Politik Indonesia

- 5 Januari 2022, 09:52 WIB
Diskusi Perilaku Korupsi Elite Politik di Indonesia.
Diskusi Perilaku Korupsi Elite Politik di Indonesia. /Satupena

INDOBALINEWS - Perkumpulan Penulis Indonesia, Satupena, Kamis 6 Januari 2022 akan mendiskusikan perilaku korupsi elite politik di Indonesia, karena menurut Bung Hatta, perilaku korupsi itu sudah membudaya, sehingga tidak mudah memberantasnya.

Diskusi itu akan dilangsungkan di website seminar Obrolan Hati Pena #20, dengan narasumber Satrio Arismunandar.

Satrio adalah Sekjen Satupena dan penulis buku Perilaku Korupsi Elite Politik di Indonesia yang diterbitkan oleh PT Cerah Budaya Indonesia untuk Satupena.

Baca Juga: Rekrut CEO Bukalapak, Menko Luhut Ajak Lainnya Mengabdi untuk Negara

Acara itu akan berlangsung di Jakarta pada Kamis pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai pemandu diskusinya adalah Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Dalam bukunya, Satrio menyatakan, perilaku korupsi di Indonesia bisa dibilang sudah membudaya. Cara mengatasinya tidak cukup dengan sekadar pendekatan hukum, tetapi juga harus menggunakan strategi budaya.

Untuk memberantas korupsi, ada dua konsep budaya yang dapat digunakan, yaitu budaya malu (shame culture) dan budaya kebersalahan (guilt culture).

Budaya kebersalahan biasanya lebih menonjol di Eropa dan Amerika Utara, sedangkan di negeri-negeri Asia, yang lebih menonjol biasanya adalah budaya malu.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Perpanjang Status Pandemi Covid

Halaman:

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x