Indonesia Akan Jadi Sentra Distribusi Vaksin COVID-19 di Asia Tenggara

- 16 Desember 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 /Pixabay/Shafin Al Asad Protic/

INDOBALINEWS - Indonesia tengah menyusun langkah strategis untuk menjadikan Indonesia sebagai manufacturing hub, yaitu sebagai sentra distribusi vaksin di kawasan Asia Tenggara.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan melakukan bekerja sama dengan sejumlah negara produsen vaksin COVID-19.

"Pemerintah segera menyelesaikan sejumlah fasilitas di dalam negeri untuk menjadikan manufacturing hub untuk vaksin di Asia Tenggara," kata peneliti sejarah wabah, Syefri Lewis, melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Bogor, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga: Ke Bali Wajib Tes Swab PCR Antigen Mulai 18 Desember Hingga 4 Januari 2021, Garuda Siap Ikuti

Syefri yakin bahwa langkah Indonesia untuk memutuskan menjadi jalur utama distribusi vaksin COVID-19 di Asia Tenggara adalah sangat penting, baik sebagai sentra distribusi maupun untuk mengembangkan transfer teknologi guna mempercepat kemampuan Indonesia memproduksi vaksin dalam negeri.

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Asia Tenggara, hal tersebut dapat dijadikan pertimbangan untuk patut menjadikan Indonesia sebagai distribusi utama vaksin COVID-19 di Asia Tenggara.

Baca Juga: Beralasan Iseng Pengancam Bunuh Kapolda Metro, Dibekuk Polisi

"Indonesia harus bisa menjadi manufacturing hub vaksin, karena jumlah penduduknya sangat banyak. Kalau Indonesia menjadi hub manufacturing, sehingga punya akses lebih cepat untuk mendapatkan dan mendistribusikan vaksin ke seluruh penduduk Indonesia," Syefri menambahkan.

Pemerintah dapat menekan biaya pengadaan vaksin COVID-19 bagi masyarakat jika bisa menjadi manufacturing hub di Asia Tenggara.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x