Ribuan Warga Australia Turun ke Jalan, Protes Serangan Israel dan Serukan Pembebasan Palestina

- 15 Mei 2021, 19:26 WIB
Seorang demonstran mengibarkan bendera Palestina dalam aksi solidaritas kekerasan di Gaza, yang digelar di Kawasan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Rabu 12 Mei 2021. Sejumlah aksi turun ke jalan juga dilakukan masyarakat di sejumlah kota besar di dunia untuk memprotes serangan Israel ke wilayah Gaza yang menewaskan ratusan warga Palestina.
Seorang demonstran mengibarkan bendera Palestina dalam aksi solidaritas kekerasan di Gaza, yang digelar di Kawasan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Rabu 12 Mei 2021. Sejumlah aksi turun ke jalan juga dilakukan masyarakat di sejumlah kota besar di dunia untuk memprotes serangan Israel ke wilayah Gaza yang menewaskan ratusan warga Palestina. /NOVRIAN ARBI/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Ribuan warga Australia turun ke jalan memprotes serangan Israel di Gaza yang menewaskan ratusan warga Palestina, Sabtu 15 Mei 2021.

Di Sydney, ribuan pengunjuk rasa berkerumun di Balai Kota untuk bergerak di jalan-jalan kota, meneriakkan slogan: "Bebaskan, bebaskan Palestina" dan "Bebaskan, bebaskan Gaza".

Serangan udara dari sejumlah pesawat Israel membombardir Gaza pada Sabtu dan militan Hamas di Gaza membalas dengan tembakan roket saat pertikaian keduanya memasuki malam kelima.

Baca Juga: Saling Serang Palestina dan Israel di Gaza, Ratusan Korban Tewas

"Saya melihat adanya pemberontakan," kata salah seorang pemrotes di Sydney, Walla Abu-Eid. "Saya melihat bahwa orang-orang tak akan lagi tinggal diam. Orang-orang sudah muak, orang-orang yang merespons terhadap penindasan dan kekerasan berdiri untuk dirinya sendiri."

Sedangkan ratusan warga di Melbourne bersiap dari Perpustakaan Negara Bagian Victoria, kemudian berjalan ke gedung parlemen. Sebagian besar pemrotes membawa poster bertuliskan: "Bebaskan Palestina".

Dikabarkan, sedikitnya 132 orang tewas terbunuh di Gaza sejak Senin, termasuk 32 anak-anak dan 21 perempuan, menurut para pejabat kesehatan Palestina.

Baca Juga: Bentrok di Masjidil Aqsa, Polisi Israel Tembakkan Granat Kejut, Warga Palestina Lempar Batu

Di pihak Israel, menurut otoritas setempat, delapan orang telah terbunuh, termasuk enam warga sipil, dua di antaranya anak-anak.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x