Penjelajah Zhurong Perdengarkan Suara dari Planet Mars dan Rilis Panorama Menakjubkan

- 28 Juni 2021, 09:34 WIB
Penjelajah milik China Zhurong (kiri) menjelajah permukaan planet Mars.
Penjelajah milik China Zhurong (kiri) menjelajah permukaan planet Mars. /Xinhua via SCMP

INDOBALINEWS – Zhurong, penjelajah antariksa milik China mengirimkan suara pertama ketika mendarat di planet Mars dan panorama mengagumkan dari planet merah itu.

Saluran berita Pemerintah China CCTV, Minggu 27 Juni 2021, menayangkan suara pertama yang direkam Zhurong saat melaju dari pendarat Tianwen-1 ke permukaan Mars pada 22 Mei lalu.

Ditayangkan pula video Zhurong yang mempesona saat berkendara di Mars dengan menggabungkan gambar-gambar dari kamera kecil yang digunakan penjelajah.

Baca Juga: Presiden Erdogan Kritik Penanganan Covid-19 di Dunia, Pandemi Perdalam Kesenjangan Sosial

"Faktanya, suara itu dibuat ketika pinion penjelajah Mars berputar di rak, atau bisa dibilang suara benturan antar logam," kata Jia Yang, wakil kepala perancang sistem Tianwen-1, dalam video menurut terjemahan CCTV, dikutip Indobalinews dari laman RRI.

"Tujuan kami [memasang] alat perekam adalah untuk menangkap suara angin di Mars selama cuaca berangin. Kami benar-benar ingin mendengar bagaimana suara angin di planet selain bumi."

Zhurong adalah inti dari misi Tianwen-1 yang mengirimkan pengorbit dan penjelajah ke Mars 2021. Pesawat ruang angkasa gabungan diluncurkan pada Juli 2020 dan tiba di orbit di sekitar Mars pada Februari.

Penjelajah Mars Zhurong mendarat di dataran Utopia Planitia pada 14 Mei. Ia menggunakan enam muatan sains untuk mempelajari planet merah, termasuk mikrofonnya.

Baca Juga: Kepolisan Singapura Selidiki 300 Kasus Penipuan Online, Pelaku Berusia 16 hingga 74 Tahun

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x