Indonesia Gelar Perhelatan HONLAP ke-45 di Bali, Dihadiri 104 Peserta dari 27 Negara

- 24 Oktober 2023, 19:23 WIB
Perhelatan HONLAP ke-45 di Discovery Kartika Plaza, Bali, mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober 2023.
Perhelatan HONLAP ke-45 di Discovery Kartika Plaza, Bali, mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober 2023. /Dok. Humas BNN RI

 

INDOBALINEWS - Indonesia Kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 45th Meeting of Heads of National Drug Law Enforcement Agencies, Asia and the Pacific (HONLAP). Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) sebagai leading institution Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Indonesia menggelar acara internasional tersebut di Discovery Kartika Plaza, Bali, mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober 2023.

HONLAP merupakan badan subsider dari Commission on Narcotic Drugs (CND) yang pada sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa berada pada naungan Economic and Social Council (ECOSOC). HONLAP dibentuk berdasarkan Resolusi ECOSOC 1845 (LVI) pada tanggal 15 Mei 1974. Tujuan utama dibentuknya HONLAP adalah untuk memajukan kerjasama penegakan hukum dalam mencegah dan memberantas perdagangan gelap narkotika di kawasan Asia dan Pasifik.

Pasca Covid-19, HONLAP Asia Pasifik digelar secara in-person di Bangkok pada Oktober 2022 dan di tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah setelah sukses menggelar HONLAP ke 33 pada Oktober 2009 silam. Kegiatan ini diadakan secara periodik guna memberikan platform bagi negara-negara anggota untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika.

Baca Juga: Pemilik Restoran Curry In Bali asal India Ditemukan Tewas Gantung Diri, Ini Isi Surat Wasiatnya

Di bawah pimpinan Kepala BNN RI, Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, terselenggaranya HONLAP menandakan komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung upaya global dalam memerangi ancaman narkotika. HONLAP dihadiri oleh 104 peserta dari 27 negara yang merupakan para penegak hukum yang secara aktif terlibat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan narkotika.

Adapun agenda yang akan menjadi pembahasan pada HONLAP ke-45 ini diantaranya adalah perkembangan kerja sama regional dan subregional dalam mengatasi serta menanggulangi persoalan narkoba secara global. Pada pertemuan HONLAP ke-45 ini juga akan membahas hasil dari implementasi rekomendasi yang dituangkan pada HONLAP ke-44 yang berlangsung di Bangkok tahun lalu. Tindak lanjut di tingkat nasional, regional, dan global terkait komitmen yang tercantum dalam Ministerial Declaration 2019 serta persiapan Mid Term Review 2024.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Diperiksa Sebagai Saksi Dugaan Pemerasan SYL, di Bareskrim Polri

Kegiatan HONLAP ke-45 ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam kerja sama global dalam upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran narkotika. BNN RI berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam mencapai tujuan bersama guna mewujudkan Indonesia Bersih Narkotika (BERSINAR).***

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x