Kapal Rumah Sakit Milik Indonesia, Siaga Berangkat ke Perairan Gaza, Rawat Korban Perang

- 4 November 2023, 11:18 WIB
Ilustrasi kapal rumah sakit, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991. Indonesia siap berangkatkan kapa rumah sakit rawat korban perang.
Ilustrasi kapal rumah sakit, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991. Indonesia siap berangkatkan kapa rumah sakit rawat korban perang. /Foto: Penerangan TNI AL/

 

INDOBALINEWS - Konflik Israel-Palestina kian memanas yang menewaskan banyak korban jiwa dan luka di kedua pihak. Sejumlah negara mulai mengirimkan bantuan kemanusiaan termasuk Indonesia.

Khusus untuk para korban perang di perairan sekitar Gaza, kapal rumah sakit Indonesia sudah siaga untuk diberangkatkan ke lokasi guna merawat korban perang.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto yang mengatakan Pemerintah Indonesia saat ini dalam proses berkoordinasi dengan negara-negara di sekitar Gaza, Palestina, termasuk di antaranya Mesir untuk pengiriman kapal rumah sakit bantu itu.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Jenazah ABK yang Jatuh ke Laut di Pelabuhan Benoa

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kita evakuasi. Kemudian, kami akan berkoordinasi dengan pihak Mesir di sana, TNI siap mengirim kapal rumah sakit. Kapal rumah sakit standby di sana untuk memberi bantuan lebih banyak,” kata Menhan RI saat ditemui di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu 4 November 2023, selepas acara pelepasan pengiriman bantuan Pemerintah RI ke Gaza.

Lebih lanjut dikatakannya Indonesia juga telah menyampaikan kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun bahwa Indonesia membuka semua rumah sakitnya untuk menerima pasien-pasien dari Palestina.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: RANS Nusantara Gaet Rizky Pellu dari PSM Makassar

“Ini sudah kami sampaikan karena ini kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir mungkin dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban yang bisa kita evakuasi,” kata Prabowo Subianto dilansir dari Antara.

Menhan RI di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau keberangkatan dan melepas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza dari Pemerintah RI bersama TNI dan Polri, Palang Merah Indonesia, Baznas, Forum Zakat, dan masyarakat Indonesia untuk warga Palestina korban perang di Gaza.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x