Lagi, Evakuasi WNI dari Gaza: Begini Sulitnya Keluarga Muhammad Husein Tinggalkan Medan Perang

- 12 November 2023, 21:51 WIB
1 Lagi keluarga WNI berhasil dievakuasi dari Gaza pada Minggu 12 November 2023.
1 Lagi keluarga WNI berhasil dievakuasi dari Gaza pada Minggu 12 November 2023. /Antara-Kemlu RI



INDOBALINEWS - Melalui proses panjang akhirnya Indonesia berhasil mengevakuasi satu keluarga WNI lagi keluar dari Gaza.

Setelah berhasil dikeluarkan dari Gaza, Muhammad Husein dan keluarganya akan dibawa ke Kairo sebelum dipulangkan ke Tanah Air. Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa proses evakuasi Muhammad Husein dan keluarganya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena isu administrasi keluar dari medan perang konflik Israel Palestina.

“Proses panjang ini sekali lagi menunjukkan bahwa proses evakuasi sangat tidak mudah. Namun, upaya kita terus kita lakukan secara maksimal,” kata Retno 

Baca Juga: Berkat Inovasi Layanan Call Center DVR, Imigrasi Soekarno-Hatta Berhasil Selamatkan 2 WNI Terduga Korban TPPM

Keluarga WNI yang terdiri dari Muhammad Husein, kedua anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina berhasil dievakuasi dari Gaza selatan pada Minggu waktu setempat melalui pintu Rafah yang berbatasan dengan Mesir.

“Sekitar pukul 18.00 WIB, saya memperoleh laporan bahwa mereka berhasil dievakuasi. Saat ini, beliau-beliau ini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi KBRI Mesir,” ujar Retno melalui video pernyataan yang ia kirimkan dari dalam pesawat kepresidenan, ketika mendampingi Presiden Jokowi untuk kunjungan kerja ke Washington DC, AS dilansir dari Antara Minggu 12 November 2023.

Kendala yang dihadapi dalam proses evakuasi adalah tidak adanya nama keluarga Husein dalam daftar WNA yang diizinkan dievakuasi dari Gaza, sehingga membutuhkan tambahan waktu untuk proses memasukkan namanya dan seluruh anggota keluarganya ke dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Link Live Streaming Nonton Gratis EPL Liverpool vs Brentford

Begitu nama Husein dan seluruh anggota keluarganya sudah masuk ke dalam daftar, ujar Menlu, evakuasi juga belum dapat dilakukan karena pintu perbatasan Rafah tidak dibuka dengan berbagai alasan situasi lapangan.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x