Israel Terus Gempur Gaza, Houthi Bersumpah akan Lebih banyak Lakukan Serangan di Laut Merah

- 20 Desember 2023, 08:22 WIB
Ilustrasi serangan Israel di Gaza. Perang Israel-Hamas! Israel Menyerang Kamp Pengungsi dan Rumah Sakit
Ilustrasi serangan Israel di Gaza. Perang Israel-Hamas! Israel Menyerang Kamp Pengungsi dan Rumah Sakit /JG/Dwi/IG @bangonim

 

INDOBALINEWS -Pasukan Israel menggempur Jalur Gaza yang hancur pada Selasa 19 Desember 2023 sementara kelompok Houthi Yaman bersumpah untuk menentang misi angkatan laut pimpinan AS dan terus menargetkan pengiriman pasukan ke Laut Merah untuk mendukung gerakan Hamas yang berkuasa di daerah kantong Palestina.

Kampanye Israel untuk memberantas militan Hamas di balik pembantaian pada 7 Oktober telah menyebabkan kehancuran di daerah kantong pantai tersebut, menyebabkan kelaparan dan tunawisma yang meluas, dan menewaskan hampir 20.000 warga Gaza, menurut kementerian kesehatan daerah kantong Palestina.

Di bawah tekanan asing untuk menghindari pembunuhan terhadap orang tak berdosa, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan perang tidak akan berhenti sampai 129 sandera yang tersisa dibebaskan dan Hamas dilenyapkan setelah para pejuangnya membunuh 1.200 warga Israel.

Baca Juga: Liga 1: PSM Makassar Krisis Finansial, Persebaya Surabaya Intip Peluang Datangkan Bernando Tavares

Konflik telah menyebar ke luar Gaza, termasuk ke Laut Merah di mana pasukan Houthi yang bersekutu dengan Iran menyerang kapal-kapal dengan rudal dan drone. Hal ini mendorong dibentuknya operasi angkatan laut multinasional untuk melindungi perdagangan di wilayah tersebut, namun Houthi mengatakan mereka akan tetap melanjutkannya, kemungkinan dengan operasi laut setiap 12 jam.

“Posisi kami tidak akan berubah terhadap isu Palestina, baik aliansi angkatan laut dibentuk atau tidak,” kata pejabat Houthi Mohammed Abdulsalam kepada Reuters, dan mengatakan hanya kapal Israel atau mereka yang berangkat ke Israel yang akan menjadi sasaran.

“Posisi kami dalam mendukung Palestina dan Jalur Gaza akan tetap ada hingga berakhirnya pengepungan, masuknya makanan dan obat-obatan, dan dukungan kami terhadap rakyat Palestina yang tertindas akan terus berlanjut.”

Baca Juga: Turis Lokal asal Tangerang yang Terseret Arus di Pantai Double Six Akhirnya Ditemukan, Begini Kondisinya

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x