Gempa Jepang M7,6: 4 Orang Tewas 30 Luka Sejumlah Warga Terkubur Hidup-Hidup dalam Reruntuhan Bangunan

- 2 Januari 2024, 11:10 WIB
Gempa Jepang, Tsunami Jepang. -f/istimewa
Gempa Jepang, Tsunami Jepang. -f/istimewa /Anambas Today/NHK

INDOBALINEWS - Sebanyak empat orang dilaporkan tewas oleh otorita prefektur Ishikawa pada Selasa 2 Januari 2024 saat gempa mengguncang Jepang Tengah pada Senin 1 Januari 2024.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,6 yang mengguncang kawasan pantai Laut Jepang itu juga memicu peringatan tsunami serta kebakaran di pusat prefektur Ishikawa.

Bencana ini membuat suasana duka di tengah peringatan Tahun Baru di seluruh negeri.

Baca Juga: Liga 1: Striker Persija Jakarta Kurang Gacor, Hanif Sjahbandi Rindu Lihat Aksi Bambang Pamungkas

Sementara itu keterangan rinci mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa pada Senin 1 Januari 2024 pukul 16:10 waktu setempat (14.10 WIB) itu masih belum diketahui.

Pihak berwenang mendapatkan informasi bahwa terdapat enam peristiwa di mana enam orang terkubur hidup-hidup di bawah reruntuhan rumah di kawasan yang diguncang gempa.

Baca Juga: Kabar Baik untuk K-Pop Lover, DAY6 akan Manggung di Jakarta

Menurut Kantor Otoritas Regulasi Nuklir, tidak ada kerusakan signifikan yang dilaporkan di pembangkit listrik tenaga nuklir di Shika Ishikawa, tempat gempa berkekuatan maksimum 7 skala intensitas seismik negara tersebut, atau di prefektur Niigata atau Fukui yang berdekatan.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan khusus mengenai potensi tsunami setinggi tiga meter atau lebih di Semenanjung Noto di Ishikawa, tapi menurunkan tingkat peringatan tersebut beberapa jam kemudian.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: NHK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x