Update Gempa Jepang: Peringatan Tsunami Belum Dicabut, WNI di Jepang Diminta Tetap Waspada

- 1 Januari 2024, 19:07 WIB
Ilustrasi Gempa Jepang
Ilustrasi Gempa Jepang /Pixabay/Tumisu

INDOBALINEWS - Update Gempa Jepang: Peringatan Tsunami Belum Dicabut, WNI di Jepang Diminta Tetap Waspada.

Kedutaan Besar RI di Tokyo dan Konsulat Jenderal RI di Osaka mengimbau warga negara Indonesia (WNI) di wilayah terdampak Gempa Jepang untuk tetap waspada karena peringatan tsunami belum dicabut hingga Senin (1/1) malam.

“WNI diminta untuk tetap waspada terhadap gempa susulan dan tsunami dan selalu memantau informasi dan arahan otoritas setempat. Peringatan tsunami di sepanjang pesisir barat Jepang masih belum dicabut hingga malam hari ini waktu Jepang,” kata KBRI Tokyo dalam keterangannya dilansir dari Antara Senin 1 Januari 2024.

Baca Juga: Korea Selatan Keluarkan Peringatan Tsunami akibat Gempa Jepang

Sistem lapor diri KBRI Tokyo mencatat ada 3.791 WNI yang menetap di tiga prefektur terdampak gempa: Ishikawa (1.315 orang), Toyama (1.344 orang), dan Niigata (1.132 orang).

Gempa magnitudo 7.4 yang terjadi pada Senin pukul 16.10 waktu setempat (14.10 WIB) itu juga dirasakan di Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

Gempa itu telah menimbulkan gelombang tsunami di beberapa wilayah.

Baca Juga: Gempa Jepang Sebabkan Tsunami di Beberapa Wilayah, Pemerintah Indonesia Imbau WNI di Jepang Waspada

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka berkoordinasi dengan otoritas setempat dan menghubungi sejumlah simpul masyarakat di wilayah terdampak untuk memastikan kondisi WNI.

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x