Tata Cara Mandi Junub, Niat, Doa, Beserta Artinya

- 2 Februari 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi terkait 6 hal yang mewajibkan harus mandi junub atau mandi wajib.
Ilustrasi terkait 6 hal yang mewajibkan harus mandi junub atau mandi wajib. /Pexels / Armin Rimoldi/

INDOBALINEWS - Bersuci dari hadas kecil dan hadas besar merupakan hal mendasar sebelum menjalankan ibadah. Ada beberapa cara untuk bersuci dalam ajaran islam, yaitu wudhu, mandi dan tayamum.

Adapun tujuan dari bersuci agar seorang muslim bisa lebih nyaman dan khusyuk dalam menjalankan ibadah.

Mandi junub atau biasa yang disebut mandi besar merupakan salah satu cara bersuci. Mandi junub bukan seperti mandi pada umumnya. Hal ini dikarenakan mandi junub mempunyai tata cara serta amalan doa tersendiri.

Baca Juga: Kepatuhan Penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok di Restoran Masih Rendah

Adapun perintah mandi junub tertuang dalam penggalan surat Al Maidah ayat 6 yang berbunyi
وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ
Artinya : jika kamu junub maka mandilah.

Ayat seruan lainnya tertuang dalam An-Nisa ayat 43 :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكَارٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْا ۗوَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا
Artinya : Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati shalat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.

Baca Juga: Thailand Masters 2023: 3 Unggulan Angkat Koper di Hari Kedua, Salah Satunya Finalis Indonesia Masters

Adapun hal yang menyebabkan seorang muslim harus mandi junub, seperti bersetubuh, keluar air mani, haid, nifas, mimpi basah, menjadi mualaf, dan menjadi jenazah.

Berikut Tata cara mandi junub :

Halaman:

Editor: Kirania Hafshah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x