Makna Peringatan Rahina Tumpek Krulut Cermin Penghormatan Terhadap Alat Musik

- 14 April 2024, 06:54 WIB
Walikota Jaya Negara dalam Peringatan Rahina Tumpek Krulut dan dirangkaikan dengan Dharma Santhi Nyepi, Sabtu 13 April 2024 di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung.
Walikota Jaya Negara dalam Peringatan Rahina Tumpek Krulut dan dirangkaikan dengan Dharma Santhi Nyepi, Sabtu 13 April 2024 di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung. /Dok Humas Pemkot Denpasar

 

INDOBALINEWS - Rangkaian peringatan Rahina Tumpek Krulut digelar Pemkot Denpasar dikoordinir Bagian Kesejahteraan Rakyat, Setda Kota Denpasar, Sabtu 13 April 2024.

Peringatan Rahina Tumpek Klurut yang jatuh setiap Saniscara Kliwon, Wuku Krulut dipusatkan di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung yang juga dirangkaian dengan Puja Dharma Santhi Nyepi, Tahun Saka 1946.

Peringatan Rahina Tumpek Krulut dipuput Ida Pedanda Gede Putra Keniten, Griya Satya Loka dan Dharma Wacana oleh Dr. Komang Indra Wirawan.

Baca Juga: Akses Jalan Menuju Kawasan Wisata Kintamani Terputus Longsor

"Wewalen" peringatan Rahina Tumpek Krulut meliputi, pembacaan Sloka dan Puja Dharma Santhi, Tari Rejang Dewa oleh siswa SMPN I Denpasar, Tari Rejang Taksu Bhuwana dari PHDI Kota Denpasar, Tari Rejang Renteng dari WHDI Denpasar, Rejang Napik Siti binaan I Gusti Ngurah Gede Marhaendra Jaya, Bebarongan, Gandrung, Bondres, hingga Tabuh Semarandana.

Tampak Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadir dan mengikuti prosesi Rahina Tumpek Krulut yang juga dihadiri Seksa Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Komisi I DPRD Denpasar, I Ketut Suteja Kumara, Forkopimda Denpasar, pimpinan OPD Pemkot Denpasar, Ketua MDA Denpasar, A.A Ketut Sudiana, dan Ketua PHDI Denpasar, I Made Arka.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2024: Antrian Kendaraan Mengular di Gerbang Tol Kali kangkung Menuju Jakarta

Walikota Jaya Negara di sela-sela prosesi acara menjelaskan, filosofis, perayaan Tumpek Krulut mencerminkan penghormatan terhadap alat musik sebagai bagian penting dari kehidupan dan budaya Bali yang menstanakan Dewa Iswara sebagai Dewa Suara.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah