Banyuwangi Raih Penghargaan Pengelola JDIHN 2020 Terbaik Nasional dari Kemenkum HAM

- 27 November 2020, 19:07 WIB
Sekda Kabupaten Banyuwangi Mujiono  menerima penghargaan pengelola JDIH Nasional terbaik tahun 2020 dari Menkum HAM Yasona Laoly  di Jakarta , Kamis, 26 November 2020
Sekda Kabupaten Banyuwangi Mujiono menerima penghargaan pengelola JDIH Nasional terbaik tahun 2020 dari Menkum HAM Yasona Laoly di Jakarta , Kamis, 26 November 2020 /banyuwangikab.go.id

INDOBALINEWS - Kabupaten Banyuwangi dengan Ibu Kota Kabupaten yang juga terletak di Banyuwangi, adalah sebuah tempat yang terletak paling ujung di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo, dan di sebelah utaranya adalah selat Bali, kemudian di sebelah timur nya adalah Samudra Hindia, dan Jember menjadi tetangga di sebelah selatan.

Pelabuhan Ketapang yang menjadi bagian dari kabupaten Banyuwangi, merupakan pelabuhan yang ramai, yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Dalam keseharian penduduk Banyuwangi memakai bahasa Osing, yang merupakan ragam bahasa tertua bahasa Jawa. Mayoritas penduduknya adalah keturunan suku Osing yang dipercaya sub-suku Jawa, dan juga suku lain yang hidup dengan damai seperti, suku Madura, suku Jawa, suku Bali dan Bugis.

Baca Juga: Australia Buat Lompatan Kebijakan Dramatis Agar Warganya Yang Terdampar di Luar Negeri Bisa Pulang

Kabupaten Banyuwangi kali ini meraih penghargaan sebagai pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) 2020 terbaik pertama tingkat nasional dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Penghargaan JDIH adalah penghargaan kepada daerah yang dianggap mampu memberikan informasi produk hukum yang dikeluarkan daerah kepada publik secara online. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah bisa mengakses informasi tersebut.

 Baca Juga: Buntut KPK Tangkap Edhy Prabowo, KKP Stop Sementara Ekspor Benih Lobster

Banyuwangi sendiri menyabet penghargaan JDIHN 2020 untuk kategori pemerintah kabupaten. Yakni sebagai pengelola JDIH terbaik I tingkat nasional dan sebagai JDIH yang memberikan layanan bagi penyandang disabilitas melalui penyediaan Perda braille.

“Kami bersyukur, di akhir masa jabatan kami Banyuwangi terus mendapatkan apresiasi. Prestasi ini tentu menjadi penyemangat Banyuwangi untuk terus berinovasi. Semoga ke depan inovasi dan kreativitas terus tumbuh agar Banyuwangi semakin baik lagi,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dikutip dari banyuwangikab.go.id

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: Banyuwangikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x