Tarawih Saat Pandemi, Rumah atau Masjid? Bijak Sikapi Pandangan Ustaz Berikut

- 12 April 2021, 08:28 WIB
Shalat tarawih berjemaah diperbolehkan, protokol kesehatan ketat diterapkan.
Shalat tarawih berjemaah diperbolehkan, protokol kesehatan ketat diterapkan. /Instagram.com/@masjidakbarsurabaya

INDOBALINEWS -  Menjelang umat Muslim memasuki hari pertama Bulan Suci Ramadhan, malam sebelum Hari-H sudah mulai dilaksanakan ibadah sunnah di malam hari yaitu Salat Tarawih.

Tentu berbeda dengan pelaksanaan tarawih sebelumnya, saat ini sebagian besar umat Muslim di dunia harus menjalaninya di tengah badai pandemi covid-19. Meskipun sebagian umat dunia sudah memperoleh vaksin, tapi protokol kesehatan tetap yang utama untuk menekan penyebaran virus ini.

Salat Tarawih merupakan salat sunnah yang istimewa karena hanya dilakukan saat bulan Ramadhan, dan biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid.

Baca Juga: Update Gempa Malang : Warga Jangan Panik, Kaleng Bisa Jadi Alarm Awal

Baca Juga: Kepala Desa Korupsi Dana Hibah Bedah Rumah untuk 405 Warga

Pada Ramadhan 1442 Hijriah/2021 ini, pemerintah memperbolehkan beberapa kegiatan termasuk ibadah berjamaah dengan protokol kesehatan yang ketat. Sejumlah pendapat meyakini persoalah umat ini, namun perlu sikap kelapangan hati dan pikiran untuk bijak menyikapinya.

Menyikapi permasalahan salat tarawih di masa pandemi Ustadz Mahbub Maafi, Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU mengatakan sebagai bentuk syiar bulan Ramadhan, umumnya kaum Muslimin Indonesia lebih memilih mengerjakan shalat Tarawih secara berjamaah di masjid, karena dianggap yang lebih utama (afdhal).

Dalam khazanah fikih, pilihan ini sejatinya didasarkan pada pendapat yang dikemukakan oleh Imam Syafii, mayoritas pengikutnya, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad bin Hanbal, sebagian ulama dari kalangan Madzhab Maliki dan sejumlah ulama lainnya.

Baca Juga: Saat Larangan Mudik, Ini Kendaraan yang Dilarang Beroperasi

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x