Operasi Kembar Siam Dempet Tulang Ekor, Naifa dan Nayyara Berhasil Dipisahkan

- 12 April 2021, 19:58 WIB
Tim dokter RSAB Harapan Kita memberikan keterangan secara virtual tentang keberhasiannya memisahkan kembar siam dempet di tulang ekor yang baru pertama terjadi di Indonesia.
Tim dokter RSAB Harapan Kita memberikan keterangan secara virtual tentang keberhasiannya memisahkan kembar siam dempet di tulang ekor yang baru pertama terjadi di Indonesia. //Kemkes.go.id

INDOBALINEWS – Bayi kembar siam dengan kasus dempet tulang ekor yang pertama kali terjadi di Indonesia berhasil dipisahkan.

Tim Dokter RSAB Harapan Kita Jakarta memisahkan bayi kembar siam Naifa dan Nayyara dalam suatu operasi selama 25 jam.

Bayi kembar siam Naifa dan Nayyara disebut conjoined twin: pygopagus yakni secara fisik bersatu di dasar tulang belakang (area sacro coccygeal) dan wajah tidak berhadapan satu dengan yang lain.

Baca Juga: Rekomendasi Nama Nama Bayi Perempuan di Tahun 2021

Baca Juga: 'Mari Hidup Sehat Dengan Pangan Lokal'

Direktur Utama RSAB Harapan Kita Didi Danukusumo mengatakan operasi pemisahan ini merupakan yang tersulit sepanjang kasus kembar siam yang pernah ditangani tumah sakit tersebut.

“Kami sudah melakukan lima kali operasi pemisahan kembar siam, tapi operasi kali ini merupakan yang tersulit,'' kata Didi dalam keterangan pers yang digelar virtual, Senin 12 April 2021.

Operasi dimulai pada Sabtu 10 April 2021 pagi dan selesai pada Minggu 11 April 2021 pagi dengan total waktu 25 jam.

Baca Juga: Aktris Sinetron Anneke Jodi Gandeng BRV Bikin Deodoran Alami untuk Ibu Menyusui

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x