Indonesia Sedang Lakukan Transformasi Besar, Jokowi: Salah Satunya Bangun Ibu Kota Negara di Kalimantan

- 29 Januari 2022, 20:42 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Rakernas ICMI Tahun 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu 29 Januari 2022.
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Rakernas ICMI Tahun 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu 29 Januari 2022. /BPMI Setpres/Muchlis Jr

INDOBALINEWS – Presiden Jokowi mengatakan saat ini pemerintah sedang menjalani beberapa transformasi di antaranya membangun Ibu Kota Negara (IKN) baru di Pulau Kalimantan.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ICMI Tahun 2022, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 29 Januari 2022) secara virtual.

Jokowi menekankan program pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur adalah bagian penting dari transformasi itu.

Baca Juga: Bali United vs Borneo FC 2:1, Lerby Eliandry Bawa Kemenangan di Menit Akhir

Menurutnya program IKN bukan sekadar pindah gedung pemerintahan, melainkan juga pindah cara kerja dan pola pikir dengan berbasis ekonomi modern dan membangun kehidupan sosial yang lebih adil dan inklusif.

“IKN akan kita jadikan sebagai sebuah showcase transformasi, baik di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi, dan lain-lainnya termasuk di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas. Tata sosial yang lebih majemuk dan toleran yang menjunjung tinggi etika dan akhlak mulia yang juga kita ke depankan,” tandasnya.

Jokowi menjelaskan pemerintah tengah melakukan sejumlah transformasi besar agar Indonesia semakin kompetitif dalam menghadapi dunia yang penuh dengan ketidakpastian dan kompetisi saat ini.

“Pemerintah saat ini sedang bekerja keras mengawal beberapa transformasi besar. Kita sedang melakukan transformasi struktural agar Indonesia semakin kompetitif untuk menghadapi dunia yang hiperkompetisi sekarang ini,” ujarnya.

Baca Juga: Edy Mulyadi Mangkir, Bareskrim Polri Perintahkan Hadirkan pada Panggilan Kedua

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x