Mudik Lebaran Tahun 2022, Menhub Pastikan Kesiapan Moda Transportasi

- 1 April 2022, 10:59 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, 1 April 2022
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, 1 April 2022 /Antara

 

INDOBALINEWS - Jelang musim mudik Lebaran tahun 2022, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyatakan Kemenhub telah melakukan sejumlah persiapan untuk menjamin kesiapan moda transportasi pada masa mudik Lebaran tahun 2022.

Dilansir dari situs resmi Setkab, salah satu persiapan yang telah dilakukan Kemenhub adalah dengan melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap moda transportasi mudik Lebaran tahun 2022.

“Beberapa hal yang kami akan antisipasi tentu tersedia kualitas dan kapasitas dari transportasi di semua moda itu. Saya minta kepada para Dirjen untuk melakukan ramp check. Bis, kapal, pesawat, kereta api harus dilakukan ramp check,” ujar Menhub dalam keterangan pers, Kamis 31 Maret 2022 yang disampaikan secara virtual.

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat, Penetapan Awal Ramadan 1443 H

Budi Karya Sumadi pun mengingatkan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi yang sudah melalui inspeksi keselamatan.

“Bisa disampaikan pada masyarakat bahwa tidak semua bis itu bisa digunakan, hanya bis yang sudah dilakukan ramp check bisa digunakan,” tegasnya.

Selain pemeriksaan aspek keselamatan terhadap kelaikan angkutan, lanjut Menhub, juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak transportasi.

“Kita juga mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak transportasi: pilot, nahkoda, masinis, sopir bis. Bisa kita lakukan di simpul transportasi, di bandara, di terminal, stasiun, dan sebagainya,” imbuhnya.

Baca Juga: Kemenag Tetapkan Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H di Masa Pandemi

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x