Aksi Demo 11 April, Kapolri Minta Disampaikan dengan Tertib, Aparat Kawal dengan Humanis

- 11 April 2022, 10:25 WIB
Suasana gedung DPR jelang demo mahasiswa 11 April 2022.
Suasana gedung DPR jelang demo mahasiswa 11 April 2022. /Pikiran Rakyat/ Amir Faisol/

INDOBALINEWS - Jelang aksi unjuk rasa atau aksi demo 11 April 2022 yang digelar mahasiswa,  Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankannya dengan mengedepankan pendekatan humanis.

Hal itu diinstruksikan Kapolri saat menggelar video conference bersama seluruh jajaran baik dari tingkat Mabes Polri Polda dan Polres jajaran.

Kapolri mengatakan bahwa Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi.

Baca Juga: Rencana Aksi Demo 11 April, Warga Jakarta Diimbau Hindari Kawasan Monas dan DPR RI

"Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi," jelas Kapolri dalam keterangan tertulisnya dalam lama resmi humas.polri.go.id Senin 11 April 2022.

Kapolri memastikan, Polri memiliki komitmen dalam rangka menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

Dalam hal ini, kata Kapolri, Korps Bhayangkara berpegang teguh pada dalam UUD 1945 maupun Undang-Undang (UU) soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia sehingga diberikan perlindungan secara universal.

Baca Juga: Petugas Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Lapas Kerobokan Bali dengan Modus Dimasukkan dalam Kotak Susu

Di sisi lain, Kapolri juga menegaskan, aparat kepolisian tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sebab itu, Kapolri berharap, demonstrasi 11 April besok, juga diharapkan mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat Islam yang sedang menjalani Ibadah Puasa Ramadhan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x