Kereta Cepat Whoosh, Soal Lesatan yang Jadi Syarat Makna dan Simbol Menyerupai Huruf W

- 2 Oktober 2023, 16:05 WIB
Kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini dinamai Whoosh
Kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini dinamai Whoosh /Dok. Tangkapan layar youtube Sekretriat Presiden/

INDOBALINEWS - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi menetapkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk beroperasi, Senin 2 Oktober 2023.

Kereta yang bernama Woosh tersebut diklaim menjadi kereta api dengan kecepatan tertinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Presiden Jokowi menjelaskan, singkatan dari Whoosh yaitu Waktu Hemat, Operasional Optimal, Sistem Hebat.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh, saya nyatakan dioperasikan," ujar Presiden Jokowi saat peresmian di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, dilansir Antara, Senin.

Baca Juga: Hari Batik Nasional: Kenali 10 Motif Populer di Indonesia

Makna Nama Whoosh

Dikutip dari akun Instagra, Keretacepat_id, Senin 2 Oktober 2023, nama Whoosh mewakilkan suara lesatan kereta cepat. Identitas suara dirancang lugas agar publik mudah memahami.

"Konsep dari rancangan ini menerjemahkan suara lesatan sebagai dampak kehadiran kereta cepat terhadap perubahan, percepatan, pertumbuhan dan pencapaian berbagai aspek kehidupan, ekonomi, dan budaya pada setiap lapisan masyarakat," tulis konten keretacepat_id.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Makna Hari Batik Nasional

Makna Logo W

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: ANTARA Instagram kereta api whoosh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x