Indonesia Sukses Pimpin Forum Negara Pulau dan Kepulauan Dunia Lewat KTT AIS

- 12 Oktober 2023, 06:35 WIB
Di sela-sela sesi _working luncheon_ Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 11 Oktober 2023, para pemimpin negara-negara pulau dan kepulauan menyimak paparan sejumlah i
Di sela-sela sesi _working luncheon_ Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 11 Oktober 2023, para pemimpin negara-negara pulau dan kepulauan menyimak paparan sejumlah i /Biro pers setpres /

 

INDOBALINEWS – Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum di Bali ditutup pada Rabu 11 Oktober 2023. Selesainya acara tersebut turut menandai kesuksesan Indonesia dalam memimpin forum negara pulau dan kepulauan dunia.

Dalam konferensi persnya usai KTT AIS, Presiden Jokowi mulanya menjelaskan tentang situasi dunia yang berada di bawah ancaman iklim hingga pencemaran laut. Karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk meningkatkan kerja sama.

“Pelaksanaan KTT AIS ini merupakan salah satu komitmen Indonesia untuk bekerja sama di level yang lebih tinggi menjadi organisasi internasional dalam melakukan langkah-langkah konkret untuk penanganan isu kawasan dan isu dunia dan untuk terus menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang dan negara-negara kepulauan,”ungkap Presiden yang disiarkan dari kanal Youtube SetPers, pada Rabu 11 Oktober 2023.

Baca Juga: Mubes Aktivis 98 Titipkan 5 Jalan Perbaikan untuk Indonesia ke Prabowo Subianto

Presiden juga menegaskan bahwa sebagai negara maritim, Indonesia akan terus mendukung keberadaan AIS Forum sebagai kerja sama yang inklusif, negara kepulauan dan negara pulau.

“Indonesia juga berkomitmen menyiapkan dana hibah untuk dimanfaatkan terutama dalam mengatasi perubahan iklim dan pengembangan inovasi baru dan tata kelola laut yang berkelanjutan,” imbuh Presiden.

Baca Juga: Lansia 80 Tahun asal Belanda Dideportasi dari Bali gegara Overstay

Kepala Negara melanjutkan bahwa berbagai kerja sama AIS juga telah memberikan manfaat yang konkret kepada masyarakat termasuk bagi masyarakat pesisir melalui pemberian beasiswa pendanaan riset bersama, pengembangan AIS Blue, Startup Hap, pelatihan digitalisasi UMKM, pengembangan pendanaan inovatif.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x