Gempa Sumedang: Gempa Susulan Terjadi Berkekuatan M 4,5 Dirasakan hingga Bandung dan Cirebon

- 2 Januari 2024, 06:37 WIB
Peninjauan Pj Gubernur Jabar ke lokasi gempa Sumedang
Peninjauan Pj Gubernur Jabar ke lokasi gempa Sumedang /Dok Sumedang Bagus PRMN

INDOBALINEWS - Gempa susulan kembali terjadi di Sumedang berkekuatan magnitudo 4,5 dengan kedalaman 10 km berpusat di koordinat 6,82 lintang selatan dan 107,92 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km utara Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa susulan ini termasuk ke dalam gempa bumi dangkal.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Senin 1 Januari 2024 malam dilansir dari Antara.

 

Baca Juga: Tips Ringan dan Sederhana Cara Mengatasi Sakit Pinggang hanya Dari Rumah

Lebih lanjut dikatakannya, dari laporan masyarakat gempa susulan ini dirasakan di Rancakalong, Jatinangor, Bandung dalam skala intensitas III MMI (modified mercally intensity), artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa juga terasa di Cirebon, Garut dan Subang dalam Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga pukul 21.15 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi enam kali aktivitas gempa bumi di Sumedang," paparnya.

Baca Juga: Kemeriahan Malam Tahun Baru di GWK Bali, dari Isyana dan Dewa 19 Hingga Spectakuler Fireworks

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x