Memahami Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi: Melindungi Planet Kita

- 31 Maret 2024, 21:29 WIB
Ilustrasi pemanasan global.
Ilustrasi pemanasan global. /Pixabay/@TheDigitalArtist/

INDOBALINEWS - Atmosfer Bumi adalah mantel pelindung yang melingkupi planet kita, terdiri dari serangkaian lapisan yang masing-masing memiliki peran penting dalam menjaga kehidupan. Mari kita telaah secara lebih rinci lapisan-lapisan atmosfer Bumi:

1. Troposfer

Troposfer adalah lapisan paling dekat dengan permukaan Bumi, membentang hingga ketinggian sekitar 10 km di atas permukaan laut. Ini adalah rumah bagi kita manusia, di mana hampir semua fenomena cuaca terjadi. Sebagian besar awan terbentuk di sini, berkat keberadaan 99% uap air di lapisan ini. Suhu menurun seiring ketinggian.

Baca Juga: Robot Turun Tangan Atasi Ledakan Gudang Amunisi TNI AD Gunung Putri Bogor,

2. Stratosfer

Di atas troposfer adalah stratosfer, membentang hingga sekitar 50 km di atas tanah. Lapisan ozon yang terkenal terdapat di sini, menyerap radiasi ultraviolet dari Matahari dan mengubahnya menjadi panas. Berbeda dengan troposfer, suhu dalam stratosfer malah meningkat dengan ketinggian.

3. Mesosfer

Mesosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak di atas stratosfer, membentang hingga sekitar 85 km di atas planet kita. Ini adalah tempat dimana sebagian besar meteor terbakar. Suhu kembali menjadi dingin seiring ketinggian.

Baca Juga: Liga 1: Bukan Sakit, David da Silva Ternyata Mogok Latihan dan Tolak Bertanding bagi Persib Bandung

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x