Sosialisasi Pungutan Turis Asing Masuk Bali: GIPI Gandeng Konsulast Asing

- 6 Februari 2024, 16:25 WIB
Ilustrasi penyambutan untuk turis di Bali.
Ilustrasi penyambutan untuk turis di Bali. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Menjelang diberlakukannya secara resmi pungutan turis asing atau pungutan wisman masuk Bali sebesar Rp150 ribu, pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali melakukan sosialisasi dengan menggandeng konsulat asing di Pulau Dewata.

Ketua GIPI Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan, GIPI dalam sosialisasi itu menjelaskan kepada perwakilan konsulat asing kegunaan pungutan tersebut yang akan dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pariwisata Bali.

“Kami memberikan masukan, yang jelas pungutan ini bermanfaat kepada wisatawan dan masyarakat misalnya jalan agar tidak macet, sampah teratasi, kaderisasi budaya dan promosi pariwisata Bali,” kata Ida Bagus Agung Partha Adnyana di Denpasar, Selasa 6 Februari 2024 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Link Live Streaming Nonton Gratis BRI Liga 1 Dewa United vs Barito Putera, Selasa 6 Februari 2024

Berdasarkan data Imigrasi Ngurah Rai, Bali, tercatat ada 31 kantor konsulat perwakilan negara asing di Bali yang diharapkan dapat diajak bekerja sama untuk sosialisasi pungutan wisatawan asing.

Menurut dia, upaya menggandeng perwakilan negara asing dilakukan untuk semakin memberikan pemahaman terkait pentingnya pungutan tersebut bagi Bali.

Selain kepada perwakilan negara asing, lanjut dia, sosialisasi juga masif dilakukan kepada industri pariwisata termasuk agen perjalanan wisata baik daring dan konvensional serta perhotelan.

Baca Juga: Tips Diet, Cara Menurunkan 20 Pon dalam 30 Hari Coba Trik Ini

Untuk sementara ini, lanjut dia, wisatawan asing dapat mengakses laman Love Bali melalui lovebali.baliprov.go.id untuk mengetahui tujuan serta latar belakang serta skema pembayaran yang rencananya melalui aplikasi Love Bali.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x