Sadhguru asal India Kunjungi Bali Perkuat Hubungan Sejarah Budaya Indonesia dan India

- 21 April 2024, 19:28 WIB
Menparekraf menyambut kedatangan Sadhguru, pendiri Isha Foundation asal India di Bali Jumat 19 April 2024.
Menparekraf menyambut kedatangan Sadhguru, pendiri Isha Foundation asal India di Bali Jumat 19 April 2024. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan kunjungan Sadhguru, pendiri Isha Foundation asal India ke Bali, Indonesia, dalam rangka memperkuat sinergi budaya dan pengalaman spiritual antar kedua negara.

Menparekraf Sandiaga  bercerita bahwa Sadhguru sedang menyoroti hubungan sejarah antar kedua negara yang merujuk pada istilah yang disematkan oleh Odisha, sebuah negara bagian timur India yakni ‘Bali Jatra’.

Istilah ‘Bali Jatra’ berarti kegiatan sosial budaya tahunan yang memperingati hubungan masa lalu antara masyarakat Odisha dengan Bali.

Baca Juga: Konflik Iran-Israel Memanas, Indonesia Siapkan Strategi Jaga Rupiah

Dalam kegiatan tahunan tersebut, masyarakat Odisha meluncurkan perahu mainan mini yang terbuat dari kertas berwarna, kulit pohon pisang yang kering, serta gabus di perairan di sekitar negara bagian tersebut sebagai simbolis dari perjalanan leluhur mereka ke Bali.

Sadhguru pun kerap melontarkan pujian untuk Indonesia atas kelestarian tempat-tempat spiritual terutama di Bali. Menurut Sadhguru, keistimewaan yang dimiliki Bali tidak dapat ditemukan di destinasi lain di dunia.

“Kedatangan Sadhguru memperkuat posisi Bali sebagai destinasi wisata spiritual dan mendorong masyarakat Bali untuk terus menjaga alam, budaya, dan adat istiadat,” kata Sandiaga dalam pernyataan resminya Minggu 21 April 2024.

Sadhguru dijadwalkan akan berada di Bali sekitar satu pekan. Dimana ia akan menyelami sains di balik budaya dan pura serta menjelajahi berbagai tempat kuno yang berenergi termasuk Pura Besakih dan Tirta Empul.

Baca Juga: Ada Time Attack Mobil Sport JDM Terbesar se Indonesia di Sirkuit Mandalika Lombok

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah