Sendratari Lembayung Kurusetra Bisa Jadi Pintu Pemulihan Pariwisata Bali

- 22 November 2020, 18:26 WIB
Pertunjukan  Mahabrata Lembayung Kuruksetra di ISI Denpasar Bali Sabtu 21 November 2020
Pertunjukan Mahabrata Lembayung Kuruksetra di ISI Denpasar Bali Sabtu 21 November 2020 /Dok Pemprov Bali

INDOBALINEWS - ISI Denpasar bekerjasama dengan KJRI Mumbai menggelar pertunjukan Mahabrata Lembayung Kuruksetra di Panggung terbuka Ardha Chandra, Taman Budaya Art Centre Denpasar pada Sabtu 21 November 2020 malam.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengapresiasi pertunjukka tersebut dan mengharapkan hubungan Bali dan Indonesia, dengan India akan semakin erat kedepannya lewat kolaborasi seni dan budaya.

Baca Juga: Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Jembrana Bali 2020

Sekaligus juga sebagai pintu terbukanya kembali pariwisata di Bali. "Pertunjukkan seni seperti ini perannya sangat strategis bagi pemulihan Bali di masa pandemi ini. Semoga (pertunjukkan ini, red) menjadi pertunjukkan spektakuler yang nembuka era baru pariwisata Bali," ujarnya  di sela pertunjukan  Mahabrata Lembayung Kuruksetra. 

Baca Juga: Plesiran di Alam Bisa Bantu Kita Tetap Waras di Masa Pandemi Covid-19

Acara ini digelar ISI Denpasar bekerjasama dengan KJRI Mumbai bertempat di Panggung terbuka Ardha Chandra, Taman Budaya Art Centre Denpasar pada Sabtu 21 November 2020 malam.

Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini juga menguraikan bahwa epos yang disusun Begawan Byasa ini, adalah salah satu karya sastra terpenting dari India yang turut pula memberikan pengaruh pada seni budaya di Bali.

Baca Juga: Congkel Jendela Rumah di Denpasar Bali, Pencuri Gasak 5 HP

"Banyak sekali pengaruhnya kepada seni di Bali, wayang, drama, pertunjukkan, kekawin dan lainnya. Tak hanya di Bali, Epos Mahabharata juga berpengaruh besar di Indonesia bahkan jadi role model bagi sistem pemerintahan di masa kerajaan-kerajaan Hindu dahulu," ungkap penglingsir Puri Ubud ini.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x