Pentas Seni Kelompok Inklusi Binaan Pertamina di Bali, di Tengah Pandemi

- 1 November 2020, 21:48 WIB
 Seni Panggung Virtual Abirama Budaya Bengkala di Buleleng Minggu 1 November 2020
Seni Panggung Virtual Abirama Budaya Bengkala di Buleleng Minggu 1 November 2020 /Dok Pertamina

INDOBALINEWS -Pertamina melalui Marketing Region Jatimbalinus melaksanakan kegiatan seni Panggung Virtual Abirama Budaya Bengkala. Penggung virtual diadakan pada Minggu 1 November 2020.

Pentas seni ini digelar oleh kelompok Binaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Ngurah Rai ini dalam upaya terus bertahan di tengah pandemi.

Baca Juga: Update Penanggulangan Covid-19 di Bali, Minggu 1 November 2020

Kelompok ini merupakan satu dari sekian banyak yang terkena efek domino akibat dari dampak pandemi COVID-19 yang bermunculan di masyarakat. Tanpa terkecuali dirasakan oleh kelompok masyarakat inklusi Desa Bengkala, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, yang tergabung dalam Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Bengkala.

Namun, pandemi yang belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, memberikan dampak bagi impian mereka untuk tetap eksis melalui bakat seni tari yang dimilikinya.

Baca Juga: Baru Kali Ini Kasus Covid-19 di Australia Nihil (Nol) , Sejak Juni 2020

Didominasi oleh penyandang kolok atau tuli, kelompok ini sangat merasakan dampak pandemi COVID-19. Roda perekonomian yang biasanya didorong dari penjualan produksi produk-produk yang mereka hasilkan seperti tenun, dupa dan inka (piring khas Bali) kini terhambat karena turunnya serapan produk hasil karya mereka.

Ketua Paguyuban Kolok, Ketut Kanta menjelaskan, dalam kesehariannya warga di Desa Bengkala membuat batik, menenun bahkan memproduksi jamu. Hasil karya mereka tersebut kemudian dititipkan di pusat oleh-oleh di wilayah Bali. "Jika hari biasa produk buatan warga Desa Bengkala dititip ke toko-toko souvenir atau ke wisatawan yang berkunjung ke desa ini,” ujarnya.

Baca Juga: Prambanan Jazz Festival 2020 secara Virtual, Musisi Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x