Debat Capres Ketiga Bahas Isu Pertahanan, Keamanan dan Geopolitik, Ini Visi Pasangan Anies Cak Imin

- 7 Januari 2024, 21:27 WIB
Anies-Cak Imin (instagram @fakta.jakarta).
Anies-Cak Imin (instagram @fakta.jakarta). /

 

INDOBALINEWS - Pada hari ini Minggu 7 Januari 2024, debat capres ketiga mengangkat isu pertahanan, keamanan dan geopolitik.

Khusus untuk isu ini digadang-gadang Capres Prabowo Gibran akan berada di atas angin mengingat Prabowo berlatar belakang karir militer dan saat ini masih aktif sebagai Menteri Pertahanan.

Prabowo otomatis memiliki nilai lebih karena sebagai menteri pertahanan ia menetapkan berbagai kebijakan pertahanan selama periode kedua pemerintahan Presiden RI Joko Widodo.

Namun di balik kelebihan pasti ada celah untuk malah jadi "sasaran tembak" pasangan capres lain, karena dimanapun kebijakan bisa dicari ceah kurangnya. Dan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan Prabowo pun dapat menjadi sasaran kritik capres lainnya saat sesi debat malam ini.

Baca Juga: Liga 1: Kembar Barito Putera Bagus Kaffa dan Bagus Kahfi Masuk Radar Klub Liga Super Malaysia

Visi dan Misi Pasangan Capres Anies Cak Imin 

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengusung dua garis kebijakan dalam visi dan misi pertahanannnya. Anies-Muhaimin menyoroti secara khusus TNI dan kemampuan pertahanan Indonesia menghalau ancaman-ancaman nontradisional, dilansir dari Antara.

Ada delapan kebijakan yang direncanakan pasangan Anies-Muhaimin untuk memperkuat TNI, yaitu memperkuat strategi pertahanan sesuai dengan perkembangan situasi nasional dan internasional, menganalisis potensi dinamika dunia yang memengaruhi strategi pertahanan pasca-2045 dan mempersiapkan kekuatan pertahanan secara adaptif dan komprehensif.

Pasangan Anies-Muhaimin ingin membentuk TNI Angkatan Darat yang fleksibel dan adaptif, TNI Angkatan Laut sebagai blue water navy, dan TNI Angkatan Udara yang terotomatisasi dan mampu menguasai ruang udara NKRI.

Keempat, Anies-Muhaimin juga masih menjadikan kesiapan tempur TNI sebagai prioritas dan keduanya masih ingin memastikan seluruh prajurit sejahtera.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x