Bahaya, Pakai Masker Kotor Berulang Ulang

- 19 Desember 2020, 15:20 WIB
ilustrasi masker
ilustrasi masker /Pixabay

INDOBALINEWS - Sejak adanya pandemi Covid-19 yang mewabah hampir di seluruh dunia, masker merupakan salah satu benda yang sangat mempunyai arti penting untuk menghindari penularan Covid-19.

Karena masker penutup hidung dan mulut jadi alat utama melindungi diri juga melindungi orang lain dari paparan droplets virus covid-19. Maka dari itu pemerintah mewajibkan untuk menggunakan masker.

Baca Juga: 3 Pekerja Tewas Keracunan Gas 3 Selamat di Taman Griya Jimbaran Bali

Dalam menggunakan masker sehari- hari tentu saja harus dijaga kebersihannya. Pasalnya ternyata menurut sebuah studi, mengenakan masker bekas itu bisa lebih berbahaya daripada tidak memakai masker sama sekali dalam hal menangkal COVID-19.

Karena masker bedah tiga lapis baru 65 persen efisien dalam menyaring partikel di udara.  Namun ketika digunakan, jumlah itu turun menjadi 25 persen, menurut penelitian yang diterbitkan Selasa di Physics of Fluids.

Baca Juga: Keren, Catatan Musik Rossa di Tahun 2020 Ini

Peneliti dari University of Massachusetts Lowell dan California Baptist University dari laman foxnews.com yang dikutip indobalinews.com mengatakan bahwa masker memperlambat aliran udara.

Selain itu juga membuat orang lebih rentan menghirup partikel dan masker wajah yang kotor tidak dapat secara efektif menyaring tetesan terkecil.

Baca Juga: Ada Bunker Simpan Senjata Api Rakitan di Rumah Teroris Upik Lawanga di Lampung

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Fox News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x