Begini Cara Akses Sertifikat Vaksin Internasional Standar WHO

- 11 Februari 2022, 10:36 WIB
Tata cara download sertifikat vaksin internasional di aplikasi PeduliLindungi bisa buat umroh, haji, kuliah di luar negeri, hingga wisata.
Tata cara download sertifikat vaksin internasional di aplikasi PeduliLindungi bisa buat umroh, haji, kuliah di luar negeri, hingga wisata. /Tangkap layar: pedulilindungi.id

INDOBALINEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan sertifikat vaksin internasional sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Sertifikat ini dikeluarkan guna mengantisipasi sejumlah isu termasuk bahwa sertifikat vaksin indonesia tidak dikenal atau diakui di sejumlah negara di luar negeri.

Dalam siaran resminya Chief of Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji menyampaikan bahwa bentuk dan informasi yang tertera pada sertifikat vaksin internasional sudah disesuaikan dengan standar WHO.

Baca Juga: Setel Musik Keras Saat Bikin Party di Bali, Bule Rusia Diperingati Petugas

Seperti yang dikatakan oleh Abiyyu Didar Haq, S.Ked, Chief Operating Officer (COO) Pukulenam.id bahwa sulitnya akses masuk ke negara luar untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) maupun Pekerja Migran Indonesia (PMI) membuat Kementerian Kesehatan menerbitkan sertifikat vaksin COVID-19 yang sesuai dengan standar WHO.

"Sertifikat vaksin COVID-19 ini memiliki QR Code didalamnya, sehingga bukti bahwa masyarakat telah memiliki vaksinasi primer yang lengkap dapat terbaca dan diakui di luar negeri," ujar Abiyyu melansir pukulenam.id.

Baca Juga: Dr Tirta dan Ayah Jerinx Ungkap Ini di Sidang Kasus Jerinx Melawan Adam Deni

Dijelaskannya juga, meskipun baru dikeluarkan sejak akhir Januari 2022, pembahasan mengenai sertifikat vaksin internasional sudah dilakukan sejak Mei 2021.

Lalu, bagaimana cara untuk mengecek sertifikat vaksin COVID-19 internasional kita? Simak langkah-langkah berikut:

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: pukulenam.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x