'Sekolah di Denpasar Harus Terapkan 100% Kawasan Tanpa Rokok'

- 7 November 2022, 21:35 WIB
Sosialisasi kawasan tanpa rokok di sekolah.
Sosialisasi kawasan tanpa rokok di sekolah. /Dok Rohmat

INDOBALINEWS - Kesehatan remaja merupakan salah satu kunci penting suksesnya bangsa Indonesia dalam menghadapi bonus demografi pada tahun 2045.

Kualitas sumber daya manusia di masa depan seperti kecerdasan, kreativitas, dan produktivitas hanya dapat dicapai apabila remaja mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan remaja adalah melindungi remaja dari bahaya asap rokok dan perilaku merokok. 

Baca Juga: Polisi Humanis dan Profesional Amankan KTT G20

Melihat urgensi ini, Pemerintah Kota Denpasar sebagai salah satu kota yang berhasil menyandang gelar Kota Layak Anak tingkat nasional terus melakukan langkah komprehensif untuk melindungi generasi muda dari asap rokok. 

“Kami secara terus-menerus melakukan sidak dan pembinaan di sekolah-sekolah untuk memantau pelaksanaan Perda Kota Denpasar No 7 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Jangan sampai anak-anak yang harus kita lindungi malah terpapar asap rokok di sekolahnya sendiri,” ujar Teguh Bahari Utama, S.KM, salah satu perwakilan Dinas Kesehatan Kota Denpasar untuk Tim Pengawas dan Pembina KTR Kota Denpasar.

Baca Juga: Cipayung Plus Bali Ajak Masyarakat Bali Untuk Mengawal Kesuksesan KTT G20

Teguh Bahari Utama juga menyampaikan bahwa seluruh sekolah sudah berkomitmen penuh dalam mendukung kebijakan KTR, namun ia merasa sosialisasi KTR harus terus digaungkan kepada seluruh elemen sekolah baik siswa, guru, pegawai, petugas kantin, hingga pengunjung.

“Kami menghimbau kepada pimpinan sekolah untuk terus melakukan sosialisasi KTR. Sosialisasi bisa dilakukan saat upacara bendera, saat pembelajaran di kelas, atau melalui organisasi siswa (OSIS). Sekolah juga perlu menambahkan tanda dilarang merokok di sudut-sudut sekolah,” tambahnya kemudian.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x