Ayo Wujudkan Generasi Muda Bebas dari Belenggu Rokok

- 7 Oktober 2022, 08:20 WIB
Ilustrasi Iklan Tidak Merokok.
Ilustrasi Iklan Tidak Merokok. /-/Dok buku.kemdikbud

 

INDOBALINEWS - Penurunan prevalensi perokok remaja menjadi salah satu target RPJMN, yaitu dari 9,1% di tahun 2018 menjadi 8,7% di akhir tahun 2024.

Mengacu pada target nasional, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersama Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Bali melaksanakan workshop yang menghadirkan siswa dan mahasiswa dari sekolah dan kampus di Kota Denpasar bulan September 2022 lalu.

Menurut salah satu narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Teguh Bahari Utama, S.KM, dengan dilaksanakannya workshop bertemakan “Youth Voices for Healthy Choices: Lead to Smoke-Free Generation” diharapkan generasi muda dapat bebas dari belenggu rokok dan berkesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal serta dapat terhindar dari berbagai penyakit di masa depan.

Baca Juga: Ini Tanggung Jawab Masing Masing Tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan

“Ditengah gempuran promosi dan iklan rokok di sekitar kita, remaja berperan penting sebagai peer educator sekaligus peer influencer bagi teman sebaya dan lingkungannya untuk bersama-sama sadar akan bahaya rokok dan menghindari kebiasaan merokok. Saya harap peserta yang datang hari ini bisa menyebarkan pengaruh positif untuk tidak merokok bagi teman-temannya,” ujarnya dalam pernyataan resminya yang dikutip Jumat 7 Oktober 2022.

Teguh Bahari Utama juga menyampaikan harapan agar peserta workshop dapat membentuk komunitas atau perkumpulan remaja peduli bahaya rokok dan menjadi agen penegak Perda KTR di sekolah maupun kampusnya masing-masing.

Baca Juga: Banjir Jakarta, 3 Siswa Kehilangan Nyawa Tertimpa Tembok Roboh tak Mampu Tahan Volume Air

“Di dalam Perda Kota Denpasar No 7 Tahun 2013, sekolah atau kampus termasuk dalam kategori tempat yang harus menerapkan 100% KTR. Tidak hanya di dalam gedung saja, tetapi batasannya adalah sampai batas pagar terluar," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x