Si Kecil Demam? Jangan Panik, Lakukan 5 Cara Cepat Turunkan Demam

- 24 Oktober 2023, 14:14 WIB
Ilustrasi demam pada anak./Pixabay @N-region
Ilustrasi demam pada anak./Pixabay @N-region /

 

INDOBALINEWS – Demam merupakan penyakit yang sudah biasa dirasakan oleh banyak orang. Namun, terkadang demam ini dapat menjadi suatu masalah, terutama bagi para orang tua yang memiliki anak. Ketika si kecil demam, ada kalanya beberapa orang tua yang khawatir akan keadaan anak saat demam.

Demam juga dapat berbahaya apabila tidak diatasi segera, khususnya bagi anak yang metabolismenya masih rawan. Sehingga, orang tua dituntut untuk terbiasa mengatasi masalah demam anak agar cepat turun. Langkah-langkah tersebut juga sebaiknya mudah, sederhana, alami dan dapat dilakukan di rumah.

Berdasarkan laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), berikut beberapa cara yang dilakukan untuk menurunkan demam tinggi si buah hati secara alami:

Baca Juga: Dikeluhkan Warga, Warung Tuak Berisik Ditutup Sukarela

1. Buatlah anak untuk minum banyak cairan

Demam dapat reda apabila kebutuhan cairan anak terpenuhi agar tidak mengalami dehidrasi. Tapi hal tersebut seringkali menjadi tantangan yang lumayan sulit. Jadi, asupan cairan bisa dipenuhi dengan cara yang lebih disukai anak misalnya dengan memberikan jus buah maupun sup kaldu ayam yang hangat.

2. Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membuat tubuh menjadi kembali lebih bugar. Meskipun begitu, anak-anak biasanya masih tidak bisa diam ketika mereka mengalami demam. Maka, orang tua bisa mencoba untuk membacakan cerita atau menyalakan lagu pengantar tidur hingga anak tidur dengan pulas.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Kementerian Kesehatan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x