Jangan Tunggu Sakit! Cek Kesehatan Rutin Penting untuk Deteksi Dini Penyakit dalam Tubuh

- 19 November 2023, 13:29 WIB
Ruangan kedap suara yang dilengkapi dengan alat digital canggih untuk pemeriksaan fisik terkait THT di Virtu Digilab Bali.
Ruangan kedap suara yang dilengkapi dengan alat digital canggih untuk pemeriksaan fisik terkait THT di Virtu Digilab Bali. /Dok Saifulah

 

INDOBALINEWS - Menjaga tubuh yang sehat menjadi sebuah keharusan, terlebih lagi kesehatan merupakan aset yang tak ternilai harganya di masa sekarang dan masa depan.

Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh yang sehat dan kuat bisa melakukan berbagai macam cara, seperti konsumsi makanan bergizi, olahraga yang rutin dan juga didukung oleh pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menyeluruh.

Hal itu dikatakan oleh dr. Komang Juwita Endrawati, Sp.PK, ahli Patologi Klinis di Virtu DigiLab Jalan By Pass Ngurah Rai Badung Bali, bahwa cek kesehatan rutin bisa menjadi deteksi dini terhadap berbagai penyakit.

"Pemeriksaan penyakit ini sangat penting sebab bisa meningkatkan kualitas kesehatan hidup kita. Semakin cepat penyakit dideteksi, semakin besar kemungkinan penyakit dapat disembuhkan. Selain itu pengecekan kesehatan rutin juga dapat membantu memantau kesehatan kita secara berkala," imbuh dr Komang Juwita.

Baca Juga: Waduh! Sampah Dari Kawasan Suci Besakih Dibuang ke Jurang, Padahal Ada TPS3R

Pemeriksaan kesehatan rutin bisa dilakukan sederhana dan mudah dilakukan seperti pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik, tes laboratorium, serta wawancara dengan dokter.

dr Komang Juwit Endrawati, Sp.PK, ahli Patologi Klinis di Virtu DigiLab (kedua dari kanan). Ia menjelaskan pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin dini untuk meningkatkan kualitas kesehatan.
dr Komang Juwit Endrawati, Sp.PK, ahli Patologi Klinis di Virtu DigiLab (kedua dari kanan). Ia menjelaskan pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin dini untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Dok Saifullah

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi adanya penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. Dengan begitu, kondisi kesehatan dapat diperbaiki sejak dini sebelum kondisi semakin parah.

Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat dideteksi melalui pemeriksaan kesehatan rutin. Beberapa contoh diantaranya adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan berbagai jenis kanker dan lainnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x