Biaya Kesehatan di Indonesia Diprediksi Terus Meningkat Hingga 13,6% di Tahun 2023

- 9 November 2023, 07:35 WIB
Ilustrasi rumah sakit.
Ilustrasi rumah sakit. /ANTARA/Humas Pemkab Boyolali

 

INDOBALINEWS -  Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan inflasi biaya medis sebagaimana dikutip dari laporan survei terkini oleh Mercer Marsh Benefits, biaya kesehatan di Indonesia diprediksi terus meningkat hingga 13,6% di tahun 2023.

Prediksi tersebut bahkan melebihi proyeksi inflasi medis di Asia sebesar 11,5%, dan juga melebihi inflasi keuangan Indonesia di tahun 2022 sebesar 5,5%2. Di sisi lain, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebut adanya kenaikan signifikan hingga 35,3% pada pembayaran klaim asuransi kesehatan di Semester I tahun 2023.

Menurut Michellina Laksmi Triwardhany, President Director Prudential Indonesia, selain itu, tantangan lainnya di Indonesia, saat ini belum diberlakukannya kebijakan nasional mengenai tarif layanan medis maksimal. "Hal-hal tersebut mendorong potensi peningkatan biaya pengobatan, dan juga mengakibatkan potensi perbedaan tarif perawatan," ujar Michellina Laksmi dalam pernyataan resminya yang dikutip Kamis 9 November 2023.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Selamat, Persija Jakarta Resmi Gaet Gustavo Almeida dari Arema FC

Lebih lanjut dikatakannya PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) terus memperkuat komitmen perlindungan untuk nasabah dengan menghadirkan inovasi layanan terdepan, guna meningkatkan efektivitas dan profesionalitas pelayanan kesehatan yang memberikan nilai lebih melalui PRUPriority Hospitals, agar nasabah #YakinMelangkah wujudkan perlindungan hingga ke masa depan.

Peluncuran PRUPriority Hospitals.
Peluncuran PRUPriority Hospitals. Dok Roby

Prudential menghadirkan inovasi PRUPriority Hospitals sebagai bagian dari
komitmen dalam menjaga kepercayaan nasabah, seraya mendukung upaya pemerintah untuk mempertegas transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pelayanan kesehatan, khususnya terkait proses verifikasi klaim jaminan kesehatan.

Baca Juga: Nantikan! 5 Laga Yang Paling Ditunggu di Piala Dunia U17 Tahun 2023

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x