Usus Bermasalah, Sayur Brokoli Solusinya

- 16 Desember 2023, 08:22 WIB
Sayur Brokoli hijau, kentang dan udang dihidangkan
Sayur Brokoli hijau, kentang dan udang dihidangkan /YouTube tri pujis

 

 

INDOBALINEWS - Sayuran Brokoli kaya nutrisi dan serat. Menurut sebuah studi kalau dikonsumsi secara rutin tiga setengah cangkir akan bermanfaat untuk kesehatan usus. 

Hasil studi dalam journal of Functional Foods, menuliskan saluran gastrointestinal membantu melindungi usus dari racun dan mikroorganisme berbahaya, sembari membiarkan nutrisi masuk ke sistem. Sayuran berserat seperti brokoli, brussels kecambah dan kubis yang mengandung senyawa kimia organik, mampu memelihara flora baik dalam usus dan berfungsi untuk kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat untuk Raih Kesehatan Fisik dan Mental

"Jaga usus tetap sehat dan pastikan penghalang berfungsi baik, maka Anda tidak mengalami masalah di usus semisal usus bocor," kata Gary Perdew, Profesor di Pennsylvania State University di Amerika Serikat.

Selain bagus untuk usus, brokoli juga dapat membantu mencegah penyakit kanker dan Penyakit Crohn, yang disebabkan peradangan pada lapisan usus. 

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa brokoli juga dapat membantu mengatur diabetes dan mengurangi risiko kanker prostat. Demikian seperti dilansir laman Indian Express.***

Baca Juga: Peringatan Hari Pangan Sedunia, Denpasar Gelar Festival Pangan Sehat

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x