Jean Couteau: Menerjemahkan adalah Pekerjaan yang Diremehkan

- 31 Oktober 2021, 15:40 WIB
Jean Couteau, Penulis Asal Prancis.
Jean Couteau, Penulis Asal Prancis. /Satupena

INDOBALINEWS - Menerjemahkan adalah pekerjaan yang sedemikian diremehkan, sehingga sulit hidup sebagai penerjemah. Amat berat mencari nafkah sebagai penerjemah, sedangkan penerjemahan itu sendiri adalah kegiatan yang memayahkan.

Hal itu diungkapkan Jean Couteau, penulis asal Prancis yang sudah lama menetap di Indonesia.

Couteau bicara dalam Obrolan HATI PENA #11, yang bertema “Quo Vadis Terjemahan Indonesia.”

Baca Juga: Denny JA: Menerjemahkan Buku Bisa Menggerakkan Sejarah

Website seminar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA ini berlangsung pada Minggu, 31 Oktober 2021. Pemandu diskusi adalah Amelia Fitriani dan Elza Peldi Taher.

Couteau menjelaskan, beberapa alasan historis, mengapa kerja penerjemahan kurang berkembang di Indonesia. Pertama, di zaman Jawa kuno sekitar abad ke-19, bahasa asing hadir bersama bahasa lokal. Namun, bahasa asing dianggap lebih membawa gengsi bagi penuturnya.

Kedua, ketika zaman penjajahan Belanda di Indonesia, tidak dilihat ada kebutuhan penerjemahan, karena orang berpendidikan Belanda sudah menguasai bahasa Belanda, Inggris, Prancis, dan Jerman. Mereka bisa membaca langsung di naskah, tak butuh terjemahan.

Sekarang sudah ada aplikasi digital dan kecerdasan buatan untuk menerjemahkan. Menurut Couteau, aplikasi penerjemahan digital itu bisa dilakukan untuk pesan-pesan yang sederhana dan bahasa sederhana. Tapi tidak memadai untuk bahasa yang kompleks dengan kedalaman kultural.

Baca Juga: Airlangga Hartarto: Australia akan Izinkan Warganya Buat Perjalanan ke Indonesia

Halaman:

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x