Indeks Pemberdayaan Gender Bali Masih di Bawah IDG Nasional

- 29 April 2023, 07:22 WIB
Wagub Cok Ace menghadiri HUT BKOW Bali di Denpasar Jumat 28 April 2023.
Wagub Cok Ace menghadiri HUT BKOW Bali di Denpasar Jumat 28 April 2023. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali di usianya ke 60 merupakan usia yang cukup matang bagi suatu lembaga organisasi.

BKOW yang mewadahi organisasi-organisasi perempuan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di bidang politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, dan pendidikan sudah membawa kemajuan pada peningkatan peran perempuan Bali dalam berbagai aspek kehidupan.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam sambutannya pada puncak Peringatan HUT Ke-60 BKOW Provinsi Bali, dengan tema Merajut Kebhinekaan, Memperkuat Kerukunan Antar Organisasi Wanita, bertempat di Gedung Ksirarnawa-Taman Budaya, Art Center, Denpasar pada Jumat 28 April 2023.

Baca Juga: Pemilu 2024 Masih Satu Tahun Lagi, Ini Persiapan Polda Bali

Lebih jauh, dalam sambutannya, Wagub Cok Ace yang juga sebagai Pembina BKOW Provinsi Bali, mengatakan bahwa sebelumnya, struktur sosial masyarakat Bali, meskipun patrilinial, namun sudah dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

"Wanita Bali dikenal sebagai pekerja keras dalam memenuhi dan menambah penghasilan rumah tangganya dalam mencapai kesejahteraan keluarga," ujar Cok Ace.

Namun untuk Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Provinsi Bali di tahun 2020 IDG 72,16 dan di tahun 2021 IDG 72,17 mengalami kenaikan hanya sebanyak 0,01, masih dibawah IDG Nasional, tahun 2020 IDG nasional 75,57 dan tahun 2021 IDG 76,26.

Baca Juga: Peringatan Hari Kartini HWDI Denpasar: Wujudkan Kartini Disabilitas Masa Kini Sehat dan Cantik

Data tersebut menunjukan bahwa masih cukup besar peluang untuk dapat memberdayakan perempuan dalam meningkatkan pembangunan. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x