Cek Fakta: Viral di Medsos Bule Jadi Tour Guide di Tanah Lot Bali

- 27 Agustus 2023, 04:34 WIB
Penampakan gambar yang viral di medsos  yang diduga seorang bule jadi tour guide di Tanah Lot Tabanan Bali
Penampakan gambar yang viral di medsos yang diduga seorang bule jadi tour guide di Tanah Lot Tabanan Bali /Dok Ridwan

INDOBALINEWS - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melalui Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian pada Sabtu 26 Agustus 2023 melakukan kegiatan Pengawasan Mandiri Keimigrasian menindaklanjuti berita viral di media sosial tentang adanya dugaan Warga Negara Asing (WNA) atau bule yang menjadi tour guide di Tanah Lot.

Dalam tangkapan layar media sosial tampak seorang pria yang berwajah dan berperawakan bule tengah beraktivitas sebagai pemandu wisata (tour guide) di kawasan Tanah Lot, Tabanan lengkap dengan baju khas adat Bali yang biasa dipakai para pemandu wisata.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar Tedy Riyandi menerangkan, Tim Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan Himpunan Pramuwisata Bali (HPI).

Baca Juga: Tokocrypto Sukseskan Coinfest Asia 2023, Komitmen Tingkatkan Adopsi Kripto

Didapati informasi bahwa pemandu wisata yang diduga seorang WNA tersebut bernama Alessandro Tanganelli. "Pemandu wisata yang diduga seorang WNA tersebut bernama Alessandro
Tanganelli. Yang bersangkutan sudah berkewarganegaraan Indonesia dan memiliki lisensi sebagai pemandu wisata dari HPI." jelas Tedy.

Diketahui bahwa sebelumnya yang bersangkutan merupakan WNA berkewarganegaraan Italia dan telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui proses sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam, Shin Tae Yong Bertekad Beri Trophi Pertama

Berawal dari sebagai pemegang Izin Tinggal Terbatas suami ikut istri WNI, lalu alih status menjadi Izin Tinggal Tetap suami ikut istri WNI. Dan hingga kemudian akhirnya memilih berkewarganegaraan Indonesia.

Dihubungi secara terpisah melalui sambungan telepon, Indah Yuli Puspitasari, istri dari Alessandro Tanganelli menuturkan bahwa benar suaminya sudah menjadi Warga Negara Indonesia sejak tahun 2021.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x