Tim SAR Evakuasi Seorang POB MV Blue Ridge asal Romania Yang Sakit di Selat Badung

- 3 September 2023, 09:25 WIB
Tim SAR mengevakuasi seorang POB MV. Blue Ridge di Selat Badung, Minggu (3 September 2023).
Tim SAR mengevakuasi seorang POB MV. Blue Ridge di Selat Badung, Minggu (3 September 2023). /Dok. Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Seorang person on board (POB) MV. Blue Ridge mengalami sakit dan meminta bantuan evakuasi untuk dibawa ke darat agar mendapatkan penanganan medis lebih lanjut, Sabtu (2 September 2023). Kapal itu bertolak dari Zhaoushan, China, hendak menuju Australia. Kapal berbendera Liberia itu posisinya berada di Selat Badung.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi pada pukul 14.30 Wita dari pihak agen kapal. Diketahui, identitas POB tersebut bernama Mihordea (50) yang merupakan warga negara asing (WNA) asal Romania.

Sebelum merencanakan pergerakan, petugas siaga berkoordinasi dengan BTS Benoa untuk menentukan titik koordinat yang aman melakukan Medevac. Akhirnya disepakati titik intercept berada di posisi 8°45'58.81"S - 115°14'43.02"T, berjarak ± 2.49 Nm dan heading 125.36° dari Pelabuhan Benoa.

Baca Juga: Seorang WNA Terjatuh Saat Main Paragliding Belum Ditemukan, Tim SAR Dikerahkan

Sesuai dengan permintaan pihak agen kapal maka Tim SAR Basarnas Bali bersama tenaga medis bergerak dari Pelabuhan Benoa sekitar pukul 17.00 Wita. Berselang 40 menit, MV Blue Ridge tiba di titik intercept dan selanjutnya RIB merapat di sisi kapal.

"Hingga pukul 20.00 Wita ia enggan dievakuasi karena takut dengan kondisi mulai gelap, alun tinggi dan angin kencang, selanjutnya mereka meminta evakuasi dilaksanakan besoknya," ujar Kepala Kantor Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya melalui siaran pers, Minggu (3 September 2023).

Baca Juga: Tim SAR Tengah Mencari Bocah 9 Tahun Yang Terseret Arus

Evakuasi dilanjutkan pagi ini dengan menurunkan RIB dan lepas sandar dari Pelabuhan Benoa pada pukul 06.25 Wita. Proses evakuasi berlangsung kurang lebih 25 menit, yakni pukul 07.25 Wita. "Setelah kita evaluasi selanjutnya dibawa menuju RS Siloam dengan menggunakan Ambulance Angkasa Pura Logistik," jelas Sidakarya.

Dalam upaya evakuasi ini turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Lanal Denpasar, Dit Samapta Polda Bali, Dit Polair Polda Bali, Polsek KP3 Benoa, KSOPBenoa, VTS Benoa, Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Kantor Bantu Bea Cukai Benoa, KKP Kelas I Denpasar, Pusdalops Provinsi Bali dan pihak agen kapal.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x