Penanganan Sampah di Denpasar Masih Jauh dari Harapan, Begini Ultimatum PJ Gubernur kepada Pengelola TPST

- 4 November 2023, 06:10 WIB
PJ Gubernur Bai saat sambangi TPST Kesiman Kerthalangu agar berkomitmen menangani sampah Kota Denpasar Jumat 3 November 2023.
PJ Gubernur Bai saat sambangi TPST Kesiman Kerthalangu agar berkomitmen menangani sampah Kota Denpasar Jumat 3 November 2023. /Dok Pemprov Bali

 

INDOBALINEWS - Terbakarnya TPA Suwung dan sejumlah TPA lain di Bali menurut Pj Gubernur Bali Mahendra harus jadi pembelajaran bagaimana mengelola sampah dan tidak bergantung pada TPA sebagai lokasi penampungan terakhir.

“ Jadi bagaimana kita bangun ekosistem pengelolaan sampah yang baik di Denpasar ini. Orang datang ke Bali ‘kan ingin lihat yang indah, yang bersih bukan malah sampah yang menumpuk,” kata Pejabat (Pj) Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya saat menyambangi TPST Kesiman Kertalangu Jumat 3 November 2023.

Ia juga memberikan deadline kepada Bali CMPP selaku pengelola Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar untuk menyelesaikan komitmen menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Denpasar sebelum akhir tahun 2023.

Baca Juga: KATA FAKTA: Es Mencair Tidak Punya Pengaruh pada Kenaikan Air Laut?

“Sudah jalan satu tahun lebih tapi tidak selesai juga. Jadi tolong tunjukkan komitmen perjanjian awalnya. Kalau tidak ya pasti ada konsekuensi untuk itu,” tegas Mahendra Jaya.

Mahendra mengatakan, jika Ketiga TPST di Denpasar (TPST Kesiman Kertalangu, TPST Padang Sambian, TPST Tahura) dapat beroperasi secara penuh dengan total kapasitas 1.020 ton maka permasalahan sampah di Kota Denpasar seharusnya sudah teratasi dan tidak lagi ada pengiriman sampah ke TPA Suwung.

Namun faktanya TPST Kesiman yang ditargetkan bisa mengolah 450 ton sampah per hari saat ini hanya di kisaran 80 ton. “ Jangan diberi janji terus, kasihan ini pemkot Denpasar pontang panting dan terus terang Pemprov Bali juga merasa tidak nyaman dengan kondisi ini,” kata Pj Gubernur.

Baca Juga: Spekulasi Kemenangan Palestina dan Hubungan Akhir Zaman

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x