Indonesia Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara

- 16 September 2021, 10:43 WIB
Presiden Jokowi saat gorundbreaking pabrik baterai mobil listrik pertama di Asia Tenggara di Karawang, Rabu 15 September 2021.
Presiden Jokowi saat gorundbreaking pabrik baterai mobil listrik pertama di Asia Tenggara di Karawang, Rabu 15 September 2021. /Dok Setneg

INDOBALINEWS - Indonesia bakal memiliki pabrik baterai mobil listrik di Kompleks Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang. 

Pabrik milik PT HKML Battery Indonesia ini menjadi yang pertama di Indonesia juga di Asia Tenggara. Pada Rabu 15 September 2021, Presiden Jokowi memimpin acara groundbreaking pembangunan pabrik ini.

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian Rabu 15 September 2021.

Baca Juga: Menteri LHK: Aplikasi ASAP Polri Luar Biasa, Akan Dibawa Jadi Percontohan di Tingkat Dunia

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae Sung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan CEO PT HKML Battery Indonesia William Hong.

Pemerintah juga akan terus menggulirkan reformasi struktural untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan perizinan kepada para pelaku usaha dan para investor dalam mengembangkan usahanya di Tanah Air.

Baca Juga: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unram Juarai Kompetisi Tingkat Internasional

"Pemerintah juga terbuka atas berbagai inisiatif kerjasama dengan negara-negara sahabat," ucap Presiden.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x