Perempuan WNA Ukraina Pelaku Skimming Dibekuk Polda Bali

- 10 Desember 2021, 19:42 WIB
Perempuan WNA Ukraina (berbaju orange kiri-red) pelaku kejahatan skimming dihadirkan dalam rilis penangkapan di Polda Bali, Kamis 9 Desember 2021.
Perempuan WNA Ukraina (berbaju orange kiri-red) pelaku kejahatan skimming dihadirkan dalam rilis penangkapan di Polda Bali, Kamis 9 Desember 2021. /Dok Humas Polda Bali.

INDOBALINEWS - Seorang perempuan warga negara asing (WNA) Ukraina bernama Baklanova Khrystyna (33 tahun) dibekuk Polda Bali karena tertangkap basah menjadi pelaku skimming.

Direktur Ditreskrimum Polda Bali Kombes Pol. Ary Satriyan, S.Ik saat rilis penangkapan Kamis 9 Desember 2021 di Denpasar mengatakan pelaku tak hanya beraksi di Bali tapi juga di luar Bali dan merupakan bagian dari sindikat asal ukraina.

“Dia bagian dari sindikat asal Ukraina yang juga beraksi di luar Bali. Anggota sindikat lainnya telah ditangkap di Surabaya dan wilayah Jawa Tengah,” ujar Direktur Ditreskrimum Polda Bali Kombes Pol. Ary Satriyan.

Baca Juga: Walikota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia Menjelang Shalat Jumat

Lebih lanjut dijelaskannya juga bahwa perempuan berkacamata ini berhasil menguras hingga Rp7 miliar dalam 15 kali operasi dalam kuru waktu tak sampai sebulan.

"Modusnya, ia melakukan transfer melalui virtual account dengan menggunakan data milik nasabah yang diperoleh dari pelaku utama berinisial MA. Sekali transfer paling sedikit Rp25 juta, dan paling banyak Rp99 juta. Dari dua korban yang melapor, mereka mengaku kehilangan uang Rp325 juta,” imbuh Kombes Ary Satriyan.

Baca Juga: Berkedok Paspor Umrah, SBMI Warning Oknum Calo Perekrut CPMI ke Saudi Arabia

Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan dua orang warga salah satunya atas nama Ketut Gede Yasa Ariana dan laporan dua warga Sulawesi yang mengaku saldo di rekeningnya berkurang tanpa sepengetahuan dan mereka mengaku tidak pernah mengambil.

Setelah diselidiki oleh petugas kepolisian, didapat informasi ada alat mencurigakan di sebuah mesin ATM di Indomaret SPBU Unggasan, Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x