Sekjen PBB Minta Gencatan Senjata dan Membuka Akses Logistik ke Gaza

- 21 Mei 2021, 09:38 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres.
Sekjen PBB Antonio Guterres. /Tangkapan layar Instagram @antonioguterres

INDOBALINEWS – Pertikaian di Gaza yang mengakibatkan ratusan warga tewas dan kerusakan infrastruktur mendapat simpati masyarakat dunia.

Bahkan perwakilan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bersikap tegas dan segera menghentikan pertempuran tersebut.  

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres langsung merespons dan mendesak gencatan senjata segera oleh Israel dan gerilyawan Palestina, yang saling melancarkan bom dan serangan udara ke Gaza.

Baca Juga: ICMI: Serangan Israel ke Palestina Bukan Isu Agama, tetapi Kejahatan Kemanusiaan

“Pertempuran harus berhenti segera. Saya mendorong semua pihak untuk menghentikan permusuhan sekarang dan mengulangi seruan saya kepada semua pihak untuk melakukan gencatan senjata secepatnya,” kata Guterres di depan Majelis Umum PBB, New York, Kamis 20 Mei 2021.

Berdasarkan data PBB per 19 Mei, pemboman yang dilakukan pasukan Israel di Gaza telah merenggut nyawa 208 warga Palestina termasuk 60 anak-anak.

Serangan roket yang dilancarkan kelompok Hamas yang mengontrol wilayah Palestina di Gaza, mengakibatkan 12 korban jiwa termasuk 2 anak-anak di sisi Israel.

Guterres memaparkan kerusakan infrastruktur serta terganggunya pasokan logistik yang mengharuskan segera dibukanya akses pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Baca Juga: Supermodel Bella Hadid Ikut Berunjuk Rasa: Kebebasan Ada sampai Palestina Bebas

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x