Dubai Lawan Cuaca Panas dengan Hujan Buatan, Manfaatkan Teknologi Drone

- 23 Juli 2021, 06:20 WIB
Dubai berupaya melawan panas dengan membuat hujan buatan memanfaatkan teknologi drone untuk menciptakan kejutan listrik di gugusan awa. (Foto ilustrasi),
Dubai berupaya melawan panas dengan membuat hujan buatan memanfaatkan teknologi drone untuk menciptakan kejutan listrik di gugusan awa. (Foto ilustrasi), /Pixabay/Alicja

INDOBALINEWS – Dubai berupaya meredam cuaca panas di jantung kota negeri Uni Emirat Arab (UEA) yang dikepung gurun pasir itu dengan hujan buatan.

Guyuran hujan buatan di tengah cuaca panas dengan suhu sekitar 50 derajat Celcius itu memanfaatkan teknologi drone yang diterbangkan ke gugusan awan untuk melepaskan muatan listrik.

Kejutan listrik dari drone di gumpalan awan inilah yang menghasilkan presipitasi yang kemudian menjadikannya rintik hujan.

Baca Juga: Bali Berpotensi Terkena Dampak Siklon Tropis Seroja Ditandai Hujan Petir hingga Angin Kencang

Penggunaan drone ini diharapkan dapat membantu meningkatkan curah hujan tahunan di UEA yang merupakan negara paling kering di bumi ini.

Pusat tersebut mengatakan curah hujan telah ditingkatkan dengan teknik yang dikenal sebagai penyemaian awan yang bertujuan meningkatkan kondensasi dengan harapan dapat memicu hujan.

Operasi pengamatan awan UEA adalah bagian dari misi berkelanjutan senilai $15 juta untuk menghasilkan hujan di negara tersebut seperti dilansir dari Dailymail, Rabu 21 Juli 2021.

Rekayasa hujan yang menggunakan teknologi drone itu merupakan penelitian yang dipimpin para ahli di University of Reading di Inggris.

Baca Juga: Naik Motor Saat Hujan, Sekeluarga di Ubud Bali Tercebur ke Sungai, 1 Tewas 1 Masih Hilang

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Zona Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x