Jurnalis Issam Abdallah Terkonfirmasi Tewas Akibat Tembakan Tank Israel di Gaza

- 8 Desember 2023, 09:47 WIB
Menara al Jalaa, gedung tempat menampung para jurnalis di Gaza.
Menara al Jalaa, gedung tempat menampung para jurnalis di Gaza. /Sumber: Press TV/

INDOBALINEWS- Lagi jurnalis jadi korban Perang Gaza, kali ini menimpa jurnalis Reuters dan melukai enam reporter di Lebanon pada 13 Oktober dengan menembakkan dua peluru secara berurutan dari Israel.

"Serangan itu terjadi ketika para jurnalis tersebut sedang merekam penembakan lintas batas," demikian temuan penyelidikan tim media tersebut terkait jurnalis tewas di Gaza yang dilansir dari Reuters Jumat 8 Desember 2023.

Kedua serangan tersebut menewaskan jurnalis visual Reuters Issam Abdallah, 37, dan fotografer Agence France-Presse (AFP) Christina Assi, 28, yang terluka parah, hanya sekitar satu kilometer dari perbatasan Israel dekat desa Alma al-Chaab di Lebanon.

Baca Juga: Restoran dan Hotel di Badung Disidak guna Periksa Izin Tinggal dan Dokumen Pegawai Asing

Tim Reuters berbicara dengan lebih dari 30 pejabat pemerintah dan keamanan, pakar militer, penyelidik forensik, pengacara, petugas medis, dan saksi untuk mengumpulkan rincian mengenai insiden tersebut. Kantor berita tersebut meninjau rekaman video berjam-jam dari delapan media di wilayah tersebut pada saat itu dan ratusan foto dari sebelum dan sesudah serangan, termasuk gambar satelit resolusi tinggi.

Sebagai bagian dari penyelidikannya, Reuters juga mengumpulkan dan memperoleh bukti dari lokasi kejadian termasuk pecahan peluru di tanah dan tertanam di dalam mobil Reuters, tiga jaket antipeluru, kamera, tripod, dan sepotong logam besar.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024: Pemerintah dan Stakeholder Diminta Berkolaborasi Tingkatkan Keamanan Siber

Organisasi Penelitian Ilmiah Terapan Belanda (TNO), sebuah lembaga penelitian independen yang menguji dan menganalisis amunisi dan senjata untuk klien seperti Kementerian Pertahanan Belanda, memeriksa materi tersebut untuk Reuters di laboratoriumnya di Den Haag.

Temuan utama TNO adalah potongan logam besar tersebut adalah sirip ekor tank kaliber 120 mm yang ditembakkan dengan senjata tank smoothbore yang diposisikan 1,34 km dari wartawan, di seberang perbatasan Lebanon.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x