Kenalkan Kuliner Indonesia ke Segala Penjuru Dunia

- 22 Juni 2021, 22:08 WIB
Ilustrasi kuliner Indonesia, beragam sate.
Ilustrasi kuliner Indonesia, beragam sate. /Shira Ade Indobalinews

INDOBALINEWS - Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya cukup menarik perhatian. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya suku, ras, agama, dan adat istiadat yang menghiasi negara kepulauan tersebut.

Bentuk budaya yang bisa dilihat dari setiap suku dan adat istiadat di Indonesia salah satunya melalui kuliner. Setidaknya, masing-masing adat dan budaya memiliki kuliner khas sebagai ciri masyarakat tersebut.

Inilah yang berusaha dikenalkan oleh Bernadus Dian Adi dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu. Pria yang akrab disapa Didut itu menjelaskan bahwa kuliner, dapat merepresentasikan budaya yang ada di Indonesia dan bisa dikenalkan ke segala penjuru dunia lewat dunia digital.

Baca Juga: Wagub Cok Ace: Bali Siap Buka Pintu Pariwisata Internasional Bulan Juli

“Indonesia memiliki ragam jenis kuliner yang bermacam-macam. Makanan Indonesia kaya akan rempah. Bahkan makanan Indonesia sudah dikenal lebih mementingkan rasa ketimbang penampilan,” kata pria yang kesehariannya mengenalkan budaya Indonesia melalui literasi digital dalam bentuk kuliner ini kepada para peserta webinar.

Bahkan menurut Didut, dari kuliner, orang bisa mempelajari budaya masing-masing daerah. Membangun literasi digital melalui story telling dengan cara menceritakan kuliner yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Juga mencari tahu cerita bagaimana kuliner itu dibuat termasuk caranya.

“Setelah mengetahui sejarah kuliner daerah tersebut, tinggal posting di sosial media atau platform apapun yang paling Anda suka. Ceritakan makanan itu dan bagaimana prosesnya, singkat pada dan jelas namun sangat bermanfaat bagi orang yang melihatnya,” kata Didut.

Baca Juga: Tragis: KDRT Berujung Maut, Isteri Tewas Dianiaya Suami Lalu Coba Bunuh Diri

Didut menambahkan bahwa saat ini platform untuk menjelaskan tentang kuliner sudah beraneka ragam. Mulai dari blog hingga media sosial seperti Instagram maupun TikTok. “Kalau mau tantangannya lebih banyak ya coba menuliskannya di blog. Karena menurut saya, menulis di blog membutuhkan effort yang luar biasa ketimbang sosmed lainnya,” papar Didut.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x