Scene, Dorong Peningkatan Kualitas Skenario Film, TV, dan OTT

- 26 Februari 2022, 15:09 WIB
Ilustrasi pembuatan film.
Ilustrasi pembuatan film. /Ibu-1983/PIXABAY

INDOBALINEWS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong peningkatan kualitas skenario yang dihasilkan oleh para konten kreator film, TV, dan Over The Top (OTT) atau layanan streaming melalui ajang Scene.

Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulisnya Jumat 25 Februari 2022 mengatakan ajang Masterclass Pengembangan Skenario Film, TV, dan OTT yang disebut SCENE ini telah dilaksanakan sejak 2020.

“Di tahun ketiganya ini, SCENE mengusung penyempurnaan konsep yang memungkinkan para penulis skenario menghasilkan produk yang lebih matang dan siap bersaing di industri,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga: Polisi Usut Kerugian Keuangan 30 Miliar di LPD Desa Adat Gulingan, Ini Deretan Kelemahan Pengelolaan LPD

Selain itu, Sandiaga mengatakan pengembangan dan inkubasi penulisan skenario ini sangat penting di masa pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Statista pada Mei 2021, sebesar 48 persen penduduk kota di Indonesia berlanggaran layanan OTT.

Kemudian berdasarkan riset tentang tren konsumsi OTT yang dilakukan oleh Kantar dan The Trade Desk pada 2020 menemukan, sekitar 57 persen pengguna OTT lebih banyak melakukan streaming konten OTT selama pandemi dan 73 persen masyarakat berencana tetap mempertahankan atau meningkatkan kebiasaan mengonsumsi konten OTT bahkan setelah masa pandemi berakhir.

Baca Juga: Video Viral Sepasang Remaja Mesum di Renon, Polda Bali Berikan Sanksi Tegas 2 Pelaku Penyebaran

"Pandemi COVID-19 sejak awal 2020 yang berlangsung hingga saat ini memaksa kebijakan pembatasan sosial dan sempat membuat bioskop tutup, tidak beroperasi dalam waktu yang cukup lama. Dalam periode itu, OTT atau layanan streaming yang sedang berkembang mendapat tempat untuk tumbuh menggantikan peran bioskop dan televisi konvensional," katanya.

Sementara itu Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, mengungkapkan program ini diharapkan mampu menghasilkan karya-karya skenario yang berkualitas di taraf nasional maupun internasional.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x